Penyaluran BLT Dana Desa Tahap II

Penyerahan Secara Simbolis BLT Dana Desa Oleh Kepala Dispermasdes

KARANGANYAR-Penerimaan Manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Tahap II Kecamatan Jumantono dilaksanakan di Aula Kecamatan Jumantono, Rabu (15/07/2020).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Karanganyar, Agus Heri Bindarto mengakui masih muncul pendataan kurang valid pada pelaksanaan BLT Dana Desa bulan Mei-Juli 2020. Yang seharusnya penerima dengan jumlah sama tiap bulan, tetapi faktanya mengalami perubahan. Duplikasi bantuan pada penerima yang sama menyebabkan problem tersebut. Ia menyebut, terdapat 13.991 penerima BLT Dana Desa pada Juni. Namun jumlah ini berubah menjadi 13.597 penerima pada Juli.

“Selama tiga bulan ini terus dievaluasi. Karena tiga bulan ke depan masih menerima, maka datanya harus valid. Tidak boleh lagi ada penerima yang mendapatkan dobel BLT Dana Desa dan BST, harus salah satu saja. Maka, kami meminta pemerintah desa membentuk desk khusus. Di dalamnya melibatkan orang-orag yang benar-benar paham kondisi warga,” katanya.

Penerimaan BLT Dana Desa kali ini di Kecamatan Jatiyoso dibagi menjadi dua gelombang. Hal ini dimaksutkan untuk menghindari kerumunan dan mencegah penyebaran covid-19. Gelombang pertama pagi untuk Desa Sedayu, sebanyak 162 orang yang menerima BLT Dana Desa Tahap II. Setelah selesai dilanjutkan gelombang kedua yaitu Desa Kebak.

Menurut Lilik ibu dari tiga anak yang kesehariannya sebagai seorang petani, dia merasa senang dengan adanya BLT ini karena bisa membantu meringankan beban untuk keperluan sehari hari dan harapannya semoga pandemi ini akan segera berakhir dan kedepannya semakin lebih baik lagi. Diskominfo (in&tgr)