Penetapan Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2019

Penyerahan berita acara penetapan Perda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Karanganyar TA 2019, Jum’at (10/7).

KARANGANYAR- Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karanganyar dan Bupati Karanganyar dengan acara Penetapan  Peraturan Daerah (Perda) tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran (TA) 2019 dilaksanakan di Gedung DPRD Kabupaten Karanganyar, Jum’at (10/7).

Sebelumnya Rancangan Peraturan  Daerah (Raperda) Kabupaten Karanganyar tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Karanganyar TA 2019 tersebut dikirim dan telah melalui evaluasi Gubernur Jawa Tengah, masih ditemukan beberapa catatan yang sifatnya sebagai saran dan masukan untuk segera ditindaklanjuti, namun secara garis besar realisasinya sama tidak ada perubahan.

Beberapa catatan evaluasi terkait belanja yaitu:

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar agar menyajikan informasi hambatan yang memadai atas pelaksanaan modal yang belum optimal untuk kemudian dilakukan perbaikan terutama untuk pembangunan sarana dan prasarana yang terkait langsung dengan peningkatan pelayanan dasar kepada masyarakat.

Selanjutnya Pemkab perlu memberi perhatian guna perbaikan komposisi belanja dan terus mengupayakan peningkatan porsi belanja produktif dan belanja publik agar hasilnya lebih dapat dirasakan oleh masyarakat.

Pada kesempatan tersebut dengan telah ditetapkannya Raperda menjadi Perda, Bupati berharap kebijakan kebijakan yang telah disepakati bersama dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan upaya peningkatan pengelolaan keuangan daerah yang transparansi dan akuntabel.

“Kami ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi tinggi atas terjalinnya kerjasama yang baik selama ini,”ucapnya.

Demikian Diskominfo (dn/ind)