Pembentukan PPID Desa Untuk Cegah Sengketa

Diskominfo
Kasi Pelayanan Informasi Publik Sopiyatun saat menyampaikan paparan monev keterbukaan informasi publik desa.

KARANGANYAR-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karanganyar kembali melakukan monev (monitoring dan evaluasi) keterbukaan informasi publik desa. Yang dihadiri perwakilan 11 desa se Kecamatan Colomadu.

Mengingat bahwa desa merupakan badan eksekutif yang berada di level paling bawah, maka desa berkewajiban untuk membentuk PPID desa.

Monev dilaksanakan di Aula Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar dengan menghadirkan dua narasumber yakni Kabid IKP (Informasi dan Komunikasi Publik) Teguh Triyono, SH, M.Si dan Kasi Pelayanan Informasi Publik Sopiyatun, S.Sos., M.I.Kom (7/07/20).

Teguh menjelaskan bahwa untuk sekarang ini informasi menjadi kebutuhan masyarakat, dan negara turut melindungi warganya dalam memperoleh informasi, hal ini dibuktikan dengan adanya UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik yang mana didalamnya mengatur mekanisme agar masyarakat bisa memperoleh informasi dari badan publik.

Badan publik baik pusat, pemerintah propinsi, kabupaten/kota wajib menyediakan akses informasi publik bagi masyarakat.

Diharapkan nantinya masyarakat menjadi paham bahwa setiap warga negara berhak mengetahui informasi publik di pemerintahan.

“Banyak masalah yang terjadi di tingkat desa karena kurangnya pemahaman terkait informasi publik, jangan sampai kita terombang-ambing karena tidak paham regulasi serta aturan dalam melaksanakan tugas” jelasnya.

Sementara itu, Sopi menyampaikan bahwa disaat desa belum paham bagaimana mengelola dan mempublikasikan informasi, ada pihak-pihak tertentu yang lebih paham dan berani meminta informasi ke desa karena mereka lebih paham konsekuensi hukum, jika tidak diberikan bisa diproses melalui sengketa.

Selain itu juga dijelaskan kepada peserta monev terkait cara pengisian Daftar Informasi Publik (DIP) maupun cara mengunggah data ke open data.

“Setiap tahun Komisi Informasi Propinsi mengadakan award, diantaranya kategori PPID Utama, PPID Dinas Vertikal dan PPID Desa. Kabupaten Karanganyar menyabet juara tiga untuk kategori PPID Utama di Tahun 2019, sedangkan untuk PPID Desa tahun ini baru mulai” imbuhnya. Diskominfo (An/Adt)