Pagelaran Wayang Kulit Dalang Kondang Ki Manteb Soedarsono Meriahkan Malam Syukuran Hari Bhayangkara ke 74

Kapolres Karanganyar Leganek Mawardi saat memotong tumpeng dan menyerahkan kepada salah satu anggota.

KARANGANYAR – Bupati Kabupaten Karanganyar H. Juliyatmono beserta Jajaran Forkopimda hadiri malam Tasyakuran memperingati Hari Bhayangkara ke 74 di Mako Polres Karanganyar, Rabu(01/07/20).

Pagelaran wayang kulit oleh Dalang kondang Ki Manteb Soedarsono dengan lakon “Bimo Bangkit” menjadi hiburan dalam acara syukuran perayaan Hari lahir Bhayangkara yang ke 74. Diambilnya gelaran wayang kulit dengan lakon “Bimo Bangkit” ini bermaksud di era new normal yang sudah diterapkan oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar bisa menjadi titik awal kebangkitan para pelaku seni di Bumi Intanpari ini.

Kapolres Karanganyar Leganek Mawardi dalam pidato sambutannya sampaikan bahwa malam puncak acara polri ke 74 yang biasa disebut Hari Bhayangkara ke 74 ini, menjadi tanda bahwa pada 1 Juli 1946 Polri hadir untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat.

Dengan riwayat cerita pada masa kerajaan, mahapatih Gajahmada memiliki prajurit yang diberi nama Bhayangkara, ikut dalam perang menjaga kerajaan Majapahit. Dari situlah terbentuknya POLRI.

” Terima kasih atas sinergitas kerjasama Forkopimda di Kabupaten Karanganyar sehingga bisa menciptakan suasana yang kondusif dan aman “, jelas Kapolres Leganek.

Banyak pembelajaran yang saat ini sedang dijalani para prajurit Polri, bukan hanya di daerah namun juga di Mabes POLRI, utamanya belajar tentang teknologi yang semakin maju di era millenial sekarang. Ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai petugas keamanan.

Harapannya Karanganyar semakin maju dan tangguh lagi seperti slogan pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Sementara itu, Bupati Karanganyar yang hadir dalam sambutannya sampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya karena seluruh kegiatan Polres Karanganyar yang berlangsung selama menyambut Hari Bhayangkara ini semuanya ditujukan untuk masyarakat Karanganyar.

Dengan menggelar banyak kegiatan yang positif di tengah pandemi ini, mulai dari lomba kampung siaga covid, kegiatan donor darah, dan lain sebagainya. Pemerintah sangat mengapresiasi program-program dari POLRI.

” Bahkan semua kegiatan dibimbing langsung oleh jajaran kepolisian, ini luar biasa sekali “, tegas Bupati.

Semoga sinergi ini bisa terus semakin membaik. Produktivitas ditentukan dengan kondisi yang kondusif dan aman. Semoga POLRI semakin sukses, semakin dipercaya masyarakat dan bisa selalu mengayomi masyarakat. Semoga covid-19 segera berlalu dr Bumi Karanganyar

Orang nomor satu di bumi Intanpari ini juga sampaikan bahwa wayangan ini tetap dengan menerapkan protokol kesehatan, namun haraoannya endingnya bisa tetap mengena ceritanya.

Mudah-mudahan gelegar seni di Karanganyar bisa kembali bangkit, lewat Dalang Ki Manteb ini semoga bisa menjadi tititk awal kebangkitan insan seni di Karanganyar. DISKOMINFO (Ard/Tgr)