Kunjungi Kabupaten Karanganyar, DPRD Kota Cirebon Studi Banding Mekanisme Penegakkan Perda dan THL Banpol PP Kabupaten Karanganyar

Kominfo
Jajaran pejabat dan staff Kantor Satpol PP Kabupaten Karanganyar pada kunker Komisi 1 DPRD Kota Cirebon, Kamis (2/7).

KARANGANYAR- Komisi 1 DPRD Cirebon melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Karanganyar, Kamis(2/7). Dalam lawatannya ini kalangan legislatif dari Cirebon tersebut ingin melakukan studi banding mengenai pengelolaan Tenaga Harian Lepas di Kantor Satpol PP Kabupaten Karanganyar serta Banpol dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda).

Kunjungan anggota Komisi 1 DPRD Cirebon ini diterima Sutarno selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar yang didampingi sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemkab Karanganyar.

Sekda Kabupaten Karanganyar berterimakasih atas kunjungan kalangan legislatif ke Kabupaten Karanganyar. Apalagi dalam kunjungan kali ini kedua daerah dapat saling bertukar informasi mengenai pengelolaan THL Banpol PP dan Penegakkan Perda di masing-masing daerah.

Menurutnya untuk Kantor Satpol PP Kabupaten Karanganyar memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang sama dengan daerah lain yakni menegakkan peraturan daerah dan menjaga kamtibmas. Untuk jumlah personil di Kantor Satpol PP Kabupaten Karanganyar sebanyak 574 orang.

“Dari 574 personil sebanyak 516 merupakan THL Banpol. Para THL Banpol itu ada yang ditempatkan di bagian Pemadam Kebakaran, yang masuk dibawah Kantor Satpol PP,” jelasnya.

Ditambahkanya dari 516 THL Banpol tersebut selain ditempatkan di Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Karanganyar juga disebar di 17 kecamatan di Kabupaten Karanganyar.
Diharapkan dengan penyebaran anggota ditiap kecamatan ini mampu memaksimalkan peran dan fungsi Satpol PP dalam menegakkan perda dan menciptakan kamtibmas di masyarakat.

“Masing -masing kecamatan terdapat 10 personil. Untuk lebih detail mengenai pengelolaan ini nanti kami akan arahkan langsung ke instansi terkait,”tambahnya.

Sementara itu Affiati Ketua Komisi 1 DPRD Kota Cirebon mengatakan kunjungan ini pihaknya ingin melakukan studi banding bagaimana Kantor Satpol PP Kabupaten Karanganyar menerapkan penegakkan perda dan pengelolaan Banpol di daerah. Dari kunjungan ini diharapkan adanya saling bertukar informasi untuk kemajuan bersama.

“Kedatangan kami kesini untuk belajar dari Kabupaten Karanganyar dalam pengelolaan Banpol dan penegakkan Perda. Semoga ada beberapa kebijakan dapat kami adopsi untuk Cirebon,”katanya.

Demikian Diskominfo (dn/ind)