Pemerintah Kabupaten Karanganyar Terima 1.440 Alat Rapid Test

Diskominfo
Juliyatmono secara simbolis menerima bantuan rapid test dari PT Sekarnusa Kreasi Indonesia (SKI).

KARANGANYAR – Sumbangan alat rapid test dari PT. Sekarnusa Kreasi Indonesia (SKI) diterima langsung oleh Bupati di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jumat (26/6/2020).

Sumbangan tersebut digunakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar untuk menjalankan program reguler pencegahan Covid-19 maupun membantu masyarakat yang membutuhkan.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan stok alat rapid test terhitung cukup. Sebagian telah dipakai memeriksa kalangan rentan terinveksi di pasar tradisional maupun modern. Juga pemeriksaan secara kolektif ke santri yang akan kembali belajar di pondok pesantren. Sedangkan program regulernnya juga terkaver seperti tracking keluarga dan orang terdekat pasien Covid-19.

“Stok rapid test cukup kalau misalnya ada permintaan dari masyarakat, bisa dilayani. Biasanya kolektif. Seperti rapid test ke napi yang akan dipindah ke LP serta para santri yang akan kembali ke ponpes,” kata Juliyatmono.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar Purwanti mengatakan masih memiliki 500-an stik rapid test dan 300-an alat test swab. Peralatan itu pengadaan mandiri maupun bantuan Pemprov Jawa Tengah.

Sementara itu, PT. SKI Karanganyar menyumbang 1.440 unit alat rapid test. Dalam sambutannya, Direktur PT. SKI Kartidjan Sentosa mengatakan bantuan tersebut merupakan bentuk CSR perusahaannya guna mendukung upaya pencegahan Covid-19.

“Munculnya wabah covid-19 di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi berbagai kalangan, maka perlu adanya kepedulian untuk tindak pencegahan dari berbagai pihak. Dari hal kecil ini semoga bermanfaat besar,” katanya.

Sumbangan itu terkemas di tiga kotak karton berisi masing-masing 480 stik. Sumbangan ini memudahkan Pemkab Karanganyar menyalurkan ke kalangan yang lebih luas. Distribusi alat rapid test terutama di wilayah strategis seperti puskesmas. Diskominfo ( In/ An)