Memperingati HUT Bhayangkara Jajaran Kepolisian Gelar Giat Susur Gunung Lawu, Tanam Pohon Dan Bakti Sosial

Bupati Karanganyar H. Juliyatmono bertindak sebagai Inspektur upacara dalam Upacara Gelar Pasukan Memperingati HUT Bhayangkara ke 74 dan secara simbolis memberikan peralatan kepada para relawan, Minggu(21/06/20)

 

KARANGANYAR – Upacara Apel Gelar Pasukan dalam rangka HUT Bhayangkara ke 74di selenggarakan di Lapangan Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyso pada Minggu(21/06/20). Apel Gelar Pasukan ini juga diikuti perwakilan relawan yang ada di Kabupaten Karanganyar dan termasuk juga komunitas anal Lawu yang notabene para pendaki Gunung Lawu.

Memperingati HUT Bhayangkara ke 74 ini jajaran Polres Karanganyar mengambil kegiatan susur gunung Lawu, bakti sosial dan penanaman pohon. Kegiatan Bakti sosial dilakukan di masing-masing Polsek dibagikan ke warga lansia dan terdampak pandemi vovid-19 di sekitar wilayah Polsek.

Untuk giat susur gunung lawu, Bupati Juliyatmono dalam amanat upacara menyampaikan bahwa ada 3 jalur yang akan dilalui untuk kegiatan susur gunung Lawu. Jalur Jenawi, Jalur Ngargoyoso dan Cemoro Kandang Tawangmangu.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Karanganyar didampingi Kapolres Karanganyar Leganek Mawardi dan Komandan Kodim 0727 Karanganyar Andi Amin. “ Kegiatan susur gunung Lawu ini bermaksud ingin memangkas tumbuhan liar di jalur pendakian yang sudah mulai lebat dan bisa mengakibatkan tertutupnya jalur pendakian yang dikhawatirkan bisa menyesatkan para pendaki kalau tidak segera di pangkas dan dibersihkan, kan sudah 4 bulan jalur pendakian tutup, ini dibuka lagi kalau tidak dibersihakan dulu kasihan para pendaki gunung “, jelas Bupati.

Kegiatan susur gunung ini juga dibarengi dengan kegiatan penanaman pohon di sekitar jalur pendakian yang mulai tandus, ditanami pohon lagi agar jadi lebih hijau lagi. Dengan slogan “ Kamtibmas Produktif Masyarakat Produktif “,  imbuh orang nomor satu di bumi Intanpari ini.

Dalam amanat upacara juga Bupati Juliyatmono menjelaskan bahwa Kabupaten Karanganyar menjadi Kabupaten yang jumlah pasien Covid nya paling sedikit se Jawa Tengah. Beliau juga jelaskan bahwa rata-rata pasien positif covid di Kabupaten Karanganyar ini bukan asli domisili warga Karanganyar, ada pasien kluster Gowa jama’ah ijtima’, ada tenaga medis yang kerja di luar Karanganyar, dan juga pemudik dari zona merah yang nekat mudik ternayata setelah dilakukan pengecekan hasilnya positif terpapar.

Prosentasi pasien yang terpapar covid ini jika dalam kondisi sehat, pasti akan sembuh. Apalagi di era New Normal seperti sekarang Bupati menghimbau masyarakat mau tertib mematuhi anjuran protokoler kesehatan dimanapun berada, tegas Bupati.

Kapolres Karanganyar Leganek Mawardi saat simbolis menyerahkan bantuan sembako kepada warga Desa Berjo Ngargoyoso dalam kegiatan Bakti Sosial memperingati HUT Bhayangkara ke 74

Rangkaian kegiatan HUT Bhayangkara ke 74 ini dilanjutkan dengan kegiatan Bakti sosial setelah upacara apel gelar pasukan, warga sekitar obyek wisata candi Sukuh di Desa Berjo  Kecamatan Ngargoyoso yang kali ini menjadi sasaran kegiatan bakti sosial. 100 paket sembako dibagikan jajaran Polres Karanganyar, untuk kegiatan simbolis penyerahannya hanya 30 warga yang diundang, selebihnya dibagikan langsung ke rumah warga.

“ Sebenarnya giat bakti sosial Aman Nusa sudah menjadi agenda rutin jajaran Kepolisian sejak pandemi ini berlangsung, namun untuk bakti sosial kali ini kali berbarengan dengan peringatan HUT Bhayangkara jadi agendanya ikut nginduk ke kegiatan HUT Bhayangkara “, jelas Bripka Ratna saat ditemui tim liputan setelah kegiatan penyerahan bakti sosial. Diskominfo(Ard/Tgr)