Bangun Zona Integritas, Upaya BPS Bersih dari KKN

Kominfo
Penandatanganan komitmen bersama pencanangan BPS membangun zona integritas, Selasa (16/6).

KARANGANYAR- Pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sebagai upaya Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karanganyar bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Sehingga diharapkan keberhasilan pencanangan zona integritas ini dapat menjadi catatan reformasi birokrasi bersih BPS.

Pencanangan sekaligus penandatangan sebagai komitmen bersama dilakukan di Aula Kantor BPS Kabupaten Karanganyar yang dihadiri Bupati, Forkopimda dan jajaran Kepala  OPD Karanganyar, Selasa (16/6).

Kepala BPS Kabupaten Karanganyar, Dewi Triharyuni mengatakan proses membangun zona integritas menuju WBK dan WBBM reformasi birokrasi BPS Karanganyar telah dilaksanakan sejak 2015 dan ini merupakan tugas berat. Oleh karenanya semua belah pihak harus memiliki komitmen yang kuat.

“ Mulai pimpinan sampai dengan bawahan harus punya mindset, pola pikir dan budaya kerja yang sama sehingga keberhasilan membangun zona integritas ini dapat dicatat,”terangnya.

Ia juga menyampaikan syarat membangun zona integritas diantaranya Wajar Tanpa Pengeculian (WTP) dalam hal laporan keuangan dan nilai implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (SAKIP) dengan nilai minimal C.

“Alhamdulillah semua syarat tersebut telah kita penuhi, BPS Karanganyar memperoleh nilai SAKIP 62,45 atau setara dengan nilai B,”katanya.

Ditambahkannya upaya perubahan yang dilakukan BPS Kabupaten Karanganyar demi terwujudnya Good Government dan menghasilkan Aparatur BPS yang profesional, integritas serta amanah. Dengan tuntutan pengguna data statistik yang lebih cepat, lebih murah , lebih mudah diperoleh dan lebih berkualitas dirasakan semakin meningkat seiring  perkembangan informasi pada era digita, bahkan tuntutan ini semakin meningkat ditengah pandemi Covid-19.

“Berbagai upaya yang telah dilakukan BPS Karanganyar, pihaknya pun berharap  berdampak pada terwujudnya misi BPS menjadi Pelopor Data Statistik Terpercaya untuk semua,”imbuhnya.

Sementara Itu, Bupati Karanganyar berterima kasih serta mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan BPS Kabupaten Karanganyar demi terwujudnya reformasi birokrasi BPS yang bersih dari KKN dan profesional dalam bekerja.

Pihaknya berharap BPS dan Pemerintah serta semua pihak dapat bersinergi sebagai bagian integritas agar pemerintah selalu mengedepankan pelayanan terbaik ke masyarakat.

“ini bagian dari ikhtiar kita bersama, BPS Karanganyar sungguh-sungguh menuju zona integrasi terbaik. Mengawali new normal dengan yang baik, pasca Covid-19 kita bangkitkan kembali,”tandasnya

Demikian Diskominfo (dn/ind)