Komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Tengah Serahkan Bantuan APD ke Kabupaten Karanganyar

Karanganyar – Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah menyerahkan paket bantuan ke tenaga kesehatan di Kabupaten Karanganyar. Isinya berupa alat pelindung diri (APD).

Ketua Komisi II DPRD Jawa Tengah, Sumanto menyerahkan secara simbolis tujuh jenis APD yang terkemas dalam paket bantuan tertulis ‘Bantuan APD Covid-19 DPRD Provinsi Jawa Tengah’ ke Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar Purwati. Hadir dalam kesempatan itu juga anggota DPRD Jateng lainnya, Achmad Yunus. Dalam prakatanya, ia meminta para nakes menggunakan APD itu sebaik-baiknya. Lantaran jumlahnya terbatas, ia berjanji mengirim bantuan serupa di kesempatan selanjutnya. Pada paket bantuan perdana ini tertuju RSUD dan 21 puskesmas di Karanganyar.

“Ada hazmat, masker N95. Ada tujuh macam APD yang dibutuhkan nakes dalam menangani pasien di masa pandemi Covid-19,” kata Sumanto kepada wartawan usai seremoni serah terima bantuan APD di aula DKK Karanganyar, Rabu (26/5).

Menurutnya, pengadaan mandiri APD bagi nakes oleh pemerintah daerah maupun BLUD bisa dilakukan. Hanya saja, kebutuhan itu pasti dan terus dilakukan. Bantuan dari lembaganya itu berfungsi menyuplai di masa transisi antarpengadaan. Tak hanya Kabupaten Karanganyar yang diberi bantuan, namun 35 kabupaten/kota se-Jateng.

Plt Kepala DKK Karanganyar Purwati mengatakan bantuan APD langsung didistribusi ke 21 puskesmas dan RSUD Karanganyar. Terkait pengadaan APD, ia memastikan tak berkendala. DKK melakukan refocusing anggaran Rp 6 miliar, diantaranya untuk pengadaan APD bagi nakes, sosialisasi kesehatan dan tindakan lainnya. Diskominfo(Ard/Adt)