Trend Covid 19 di Karanganyar Alami Peningkatan

Di setiap kesempatan Bupati Karanganyar, Juliyatmono selalu mengingatkan bahaya covid 19

 

 

KARANGANYAR – Bupati Karanganyar, Juliyatmono kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu terapkan protokoler kesehatan terkait covid 19. Sebab masyarakat Karanganyar yang terkonfirmasi terkena covid 19 mengalami peningkatan. Saat ini sudah ada 17 orang warga Karanganyar yang terkena virus corona, dua sembuh dan tiga diantaranya meninggal. Sementara yang lainnya masih di rumah sakit.

“Semua terkonfirmasi covid 19 saya punya nomor Wa nya. Saya berusaha berkesempatan untuk Video call dengan seseorang yang terkena covid 19 untuk menyemangti mereka,” papar Juliyatmono dalam kesempatan Forum Intanpari bersatu sembako murah di rumdin, Kamis, (30/04).

Dia mengingatkan bahwa warga Karanganyar yang mengikuti Itjama Ulama di Goa Sulawesi Selatan ada 100 orang. Pihaknya sudah meminta untuk isolasi diri di rumah dan sudah melakukan rapid tes, 18 diantaranya dinyatakan positif. Sebagaian Isolasi di rumah dan sebagian di rumah sakit. Mereka yang usianya tua, dan mempunyai penyakit bawaan relatif mudah terkena penyakit ini. Sebab daya tahan tubuhnya mengalami lemah.

Pihaknya berharap semua pihak menyadari bahwa covis 19 ini penularannya benar-benar lewat orang. Jika ngeyel perlu dilakukan pendekatan bersama. Justru yang paling berbahaya adalah OTG atau orang tanpa gejala. Misanya orang hari ini sehat tapi membawa virus, daya tahan tubuh kuat dan bertemu dengan orang yang mempunyai daya tahan tubuh rendah maka otomatis akan menulari, “Nyuwun tolong diberikan pengertian benar-benar mengenai virus covid 19. Semuanya hendaknya menerapkan protokoler kesehatan. Semua orang bekerja di rumah, dan tidak ada pemudik maka saya yakin virus ini tidak akan menyebar,” imbuhnya.

Bupati mengatakan tidak melarang orang beribadah ke masjid namun harus tetap menjaga jarak. Protokoler kesehatan seperti cuci tangan, memakai masker hendaknya diterapkan. Termasuk setiap masjid ada omong tamu sehingga tahu siapa saja yang datang. (hr/adt)