Pengelolaan Keuangan TA 2019 Pemkab Karanganyar Dinilai WTP oleh BPK

Bupati Karanganyar, Juliyatmono dan Ketua DPRD Karanganyar Bagus Selo melakukan tanda tangan Laporan hasil pemeriksaan keuangan dari BPK Perwakilan Jawa Tengah

 

 

KARANGANYAR – Kabupaten Karanganyar kembali mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)  Perwakilan Jawa Tengah dalam Laporan Hasil Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.  Predikat itu diberikan setelah BPK melakukan pemeriksaan keuangan kepada Pemkab Karanganyar dan Pemkab Blora. Harapannya, dengan pemeriksaan laporan keuangan ini pemerintah daerah terus meningkatkan kinerjanya.

“Pemeriksaaan tidak ada yang kami kurangi tetap sesuai dengan standar keuangan negara. Diantarana kesesuaian standar keuangan pemerintahan, kecukupan penerapaan, kepatuhan terhadap peraturan perundangan dan efektivitas kinerja pemerintahaan,” papar Kepala BPK Perwakilan Jawa Tengah, Ayub Amali dalam video conference dengan Pemkab Karanganyar dan Blora, 27 April 2020.

Dia menambahkan dengan adanya wabah covid 19, juga berdampak pada metode pemeriksaan. Jika sebelumnya full di lapangan, namun saat ini sebagai menggunakan metode audio visual.  Namun, karena Karanganyar pada awal-awal sudah menyerahkan sehingga di Kabupaten tersebut masih dipergunakan metode lapangan dan sebagian audiovisual. “Sekali lagi, pemeriksaan keuangan tidak ada yang kami kurangi. Sesuai menggunakan standar keuangan pemerintah,” tandasnya.

Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo mengucapkan terima kasih yang telah memberikan penghargaan dengan predikat wajar tanpa pengecualian. Hal ini menjadi penting karena mencermikan kinerja pengelolaan keuangan pemerintah daerah yang transparan, akuntabel dan profesional. “Selamat kepada Pemkab Karanganyar yang kembali mempertahankan WTP ke 6 kali berturut-turut dalam pengelolan keuangan 2019. Tanpa dukungan masyarakat, mustahil kita mendapatkan penghargaan tersebut,” papar Bagus Selo.

Jika ada catatan dari BPK, Bagus Selo meminta pemerintah daerah untuk menindaklanjuti perbaikannya. Sehingga pengelolaan lebih akuntabel dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Marilah kita berdoa, agar virus covid 19 segera berakhir. Agar kegiatan masyarakat dan pemerintah segera pulih kembali,” imbuhnya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengajak bersyukur kepada Allah ditengah Pandemi covid 19 masih diperkenakan mengadakan acara ini. Pihaknya berharap covid 19 segera berakhir dan pergi selama-lamanya. Bupati mengucapkan terima kasih kepada BPK yang telah memeriksa keuangan dari Pemkab Karanganyar. “Alhamdulilah kami masih mampu mempertahankan WTP dan catatan yang ada akan kami tindaklanjuti. Opini memberikan kami semangat untuk terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat Karanganyar,” ungkap Juliyatmono. (hr)