Karya Rias “Mantenku” Upaya Mengenalkan Tradisi Tata Rias dan Busana Keraton kepada Generasi Muda

Kominfo
Model saat memperagakan penggunaan busana Keraton Jawa di Hall Palur Plasa.

Karanganyar,
Kegiatan tradisi Mantenku digelar di Palur Plasa Rabu (11/03/20) sore kemarin.
Perhelatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan kepada generasi muda mengenai tata rias dan busana pernikahan dalam tradisi budaya jawa.

Acara tradisi mantenku merupakan persembahan Sanggar Kusumolatip untuk Kanjeng Raden Aryo Tumengggung (KRAT) Hartoyo Budoyonagoro, S.Sn. Pria bergelar sarjana seni itu sering disebut sebagai empu karena pengalaman dan pengetahuannya dibidang tata rias dan busana keraton keraton di Jawa. Kegiatan ini juga dihadiri sanggar Kusumolatip serta KRAT Hartoyo Budoyonagoro, S.Sn.

Wakil Rektor 3 ISI Surakarta, RM. Dr. Drs. Pramutomo, M.Hum mengapresiasi kegiatan tradisi mantenku. Karena selain sebagai bentuk penghargaan terhadap sosok yang memiliki pengalaman dibidang tata rias dan busana pernikahan tradisi Jawa, ajang ini juga memberikan pengetahuan pada generasi muda mulai dari tata rias hingga busana pernikahan di Keraton-Keraton Jawa.

“Semoga generasi muda dapat mengaplikasikannya pada berbagai kegiatan seni dan tradisi. Sehingga nantinya diketahui masyarakat,”ujarnya.

Ditambahkannya dengan semakin mengenal nantinya generasi milenial tertarik dan melestarikan tata cara dan busana pernikahan tradisi Jawa.

“Semoga generasi milenial mau mengenal dan menguri-nguri tradisi Jawa,”pungkasnya.
Demikian Diskominfo (dn/tgr/ind)