Sosialisasi dan Konsultasi Publik Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Solo- Yogyakarta

Kominfo
Sekda Karanganyar, Sutarno saat memberikan arahan kepada warga terdampak tol Solo-Yogyakarta, Jum’at (6/3).

 

Karanganyar,
Pemkab Karanganyar menggelar sosialisasi dan konsultasi publik mengenai pengadaan tanah untuk pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membahas ganti rugi bagi warga terdampak pembangunan tol.

Kegiatan sosialisasi digelar di Balai Desa Ngasem Kecamatan Colomadu, Jumat (6/3/2020). Hadir Sekda Pemkab Karanganyar Sutarno dan Perwakilan Tim Persiapan Pemprov Jateng.

Sekda Pemkab Karanganyar, Sutarno mengatakan sosialisasi bertujuan sebagai informasi dan pembahasan mengenai ganti rugi bagi warga terdampak pembangunan jalan tol. Karena pembangunan jalan tol merupakan peningkatan infrastruktur dari pemerintahan pusat agar pertumbuhan ekonomi masyarakat juga menggeliat.

“Ini tempat bapak ibu untuk berembug dan berkonsultasi terutama bagi warga terdampak pembangunan tol sehingga tidak dimanfaatkan para makelar tanah,”katanya.

Ditambahkannya dengan melalui sosialisasi ini nantinya warga mendapatkan kejelasan terhadap nasib kepemilikan tanahnya dan ganti rugi berjalan dengan lancar.

“Mari turut bersama menyengkuyung program pemerintah pusat dan manfaatkan forum ini dengan baik,”tambahnya.

Sementara perwakilan persiapan Tim Pemprov Jateng menyatakan pembangunan proyek jalan tol solo jogja merupakan kelanjutan dari pemerintah pusat setelah pembangunan tol trans jawa. Ada beberapa tanah milik warga yang akan kembali terdampak. Sehingga perlu adanya sosialisasi dan pemberitahuan kepada warga agar mendapatkan informasi akurat.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan nantinya warga turut aktif berpartisipasi mulai dari membahas ganti rugi hingga nantinya turut mendampingi petugas BPN dalam pengukuran tanah. Pihak tim persiapan bersifat terbuka sehingga warga tidak dirugikan dalam proyek pembangunan jalan tol jogja-solo.
Demikian Diskominfo (dn/ind)