BPK Gelar Entry Meeting di Karanganyar

Foto Bersama Dengan Tim Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Propinsi Jateng

 

 

 

KARANGANYAR-Bupati secara langsung menerima Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Ruang Anthurium Rumah Dinas Bupati pada Kamis (05/03/2020).

Dalam sambutannya Bupati Karanganyar, Juliyatmono berharap bahwa setiap OPD dapat menyusun laporan keuangan dengan baik dan cepat agar pemeriksaan tidak memakan waktu sehingga cepat selesai. Hal ini untuk mempertahankan prestasi dimana Pemkab Karanganyar mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Pemeriksaan keuangan oleh BPK tolong dipersiapkan dengan baik, agar sebelum puasa opini sudah keluar”, pintanya.

Maksud dan tujuan BPK melakukan pemeriksaan atas laporan keuangan adalah memberikan opini atas laporan keuangan Tahun 2019.

Dalam proses pemeriksaan nanti, diharapkan tidak ada yang ditutupi serta dapat aktif berdiskusi dengan pemeriksa. Sehingga bisa diminimalisir jika ada temuan, hal ini merupakan ciri dari predikat WTP.

Seperti yang diungkap oleh Dyah ……..,
“kalau ada yang ditutupi berarti ada batasan ruang lingkup, jadi bisa kami kecualikan”

Yang dinilai dari opini adalah kesesuaian penyajian laporan keuangan , tentunya sesuai dengan standar akuntansi pemerintah.

Juga Kepatuhan atas peraturan perundang-undangan yang berlaku serta pengungkapan di dalam laporan keuangan terutama CALK, apakah sudah cukup dan memadai. ( In/an)