Tak Mau Kalah, Kecamatan Karangpandan Gelar Sosialisasi PPID Tingkat Desa

Diskominfo
Kabid IKP, Teguh Triyono saat menyampaikan paparan.

KARANGANYAR-Kali ini giliran Kecamatan Karangpandan gelar sosialisasi peningkatan pelayanan keterbukaan informasi publik dengan mengundang narasumber dari Diskominfo, Kepala Desa se Karangpandan serta BPD.

Acara berlangsung di Aula Kecamatan Karangpandan pada Rabu pagi, 26/02/20 . Dengan agenda terkait pembentukan PPID tingkat desa.

Teguh Triyono, Kabid IKP Diskominfo menjelaskan dasar hukum atau payung hukum pembentukan PPID Desa, tujuan pembentukan PPID Desa, PLID maupun arti PPID Desa itu sendiri.

Sedangkan, Kristiana DK , selaku Kasie PSDKI lebih menjelaskan secara teknis mekanisme pembentukan PPID desa, “hal pertama yang musti dikerjakan adalah dengan membuat perdes tentang PPID desa, dilanjutkan pembentukan PPID desa yang dijabat oleh sekretaris desa, sedangkan atasan PPID dijabat oleh Kepala Desa, baru kemudian ditetapkan Keputusan Kepala Desa” jelasnya.

Disampaikan pula bahwa desa wajib membentuk PPID desa karena merupakan badan publik, yang mana harus bertanggung jawab mengelola informasi dan dokumentasi dengan baik.

“Siapa pun boleh meminta informasi, kita wajib melayani dengan baik, tapi ada mekanismenya mana yang boleh dan tidak boleh diberikan” imbuhnya.

Ada empat jenis informasi yang wajib dikelola, diantaranya wajib berkala, serta merta, setiap saat dan dikecualikan.

Informasi masuk kategori dikecualikan jika telah melalui uji konsekuensi yang dilakukan oleh PPID Desa, Kepala desa, anggota BPD dan tokoh masyarakat.

Kemudian baru dibuat berita acara hasil sesuai dengan kesepakatan uji konsekuensi, dan ditutup dengan terbitnya SK kepala desa, yang dilampiri tanda tangan seluruh peserta yang hadir. (An/Tgr)