Ngargoyoso Dinilai Berpotensi Rawan Bencana, BPBD Karanganyar Adakan Sosialisasi

Pengarahan Sekda Karanganyar Dalam Acara Sosialisasi Penanggulangan Bencana

 

Karanganyar – Sekda Karanganyar, Sutarno hadiri Sosialisasi penanggulangan Bencana Kabupaten Karanganyar tahun 2020 di Balai Desa Jatirejo Ngargoyoso, Rabu (26/02/2020). Kegiatan ini diikuti oleh para relawan, PKK, dan Lurah di lingkungan Kecamatan Ngargoyoso.

Menurut camat Ngargoyoso Dwi Cahyono, sosialisasi ini sangat penting supaya masyarakat tahu bagaimana cara dan langkah-langkah untuk menanggulangi bencana. “Diharapkan di desa difasilitasi alat ringan yang sekiranya bisa digunakan warga dalam mengatasi bencana seperti tanah longsor dan semoga kegiatan ini berjalan lancar serta bermanfaat bagi warga masyarakat ngargoyoso khususnya”, jelasnya.

Sementara Sekda Karanganyar berharap dengan adanya sosialisasi ini warga masyarakat tahu langkah-langkah apa yang harus dilakukan dalam menanggulangi bencana yang terjadi. “Lakukan hal-hal positif seperti penanaman pohon, jaga daerah wisata di ngargoyoso, ketentraman, keamanan dan keselamatan”, pesannya.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan program rutin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setiap tahunnya yang akan berkelanjutan dengan adanya Destana (Desa Tangguh Bencana), program ini diadakan di wilayah-wilayah yang rawan bencana seperti Ngargoyoso.

Menurut kepala BPBD Bambang Djatmiko bahwa Ngargoyoso dinilai memiliki potensi yang paling tinggi rawan bencana. Beliau juga mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana yang terjadi di daerah ngargoyoso. Para peserta sosialisasi diharapkan bisa menyampaikan kepada keluarga, tetangga ataupun masyarakat tentang kondisi wilayah di desanya masing-masing disetiap kesempatan, pesannya.(In/Ard/Rz/Sh)