SHARING KIP BERSAMA PANSUS IV DPRD KAB. SLEMAN

Diskominfo
Tukar menukar cinderamata Bupati Karanganyar dengan Ketua Pansus IV DPRD Kab. Sleman.

Karanganyar-Sesuai agenda kunker terkait keterbukaan informasi publik (KIP), oleh anggota Pansus IV DPRD Kabupaten Sleman ke Karanganyar, Pemkab Karanganyar sebagai tuan rumah menerima dengan baik kunjungan tersebut di Podang I Kantor Setda Kab. Karanganyar. Rabu (19/02/20).

Sekda Karanganyar, Sutarno dalam sambutannya menyampaikan bahwa Karanganyar berhasil menyabet juara 3 penghargaan KIP Award sebagai Kabupaten yang informatif, namun di Th 2019 kemarin Karanganyar juga menghadapi beberapa kasus dan persidangan di Komisi Informasi, terkait sengketa informasi, ada yang sudah dinyatakan menang namun ada pula yang masih dalam proses pengadilan.

“Keterbukaan dan pelayanan informasi publik harus terus ditingkatkan, harus transparan dan dikelola dengan baik agar terhindar dari sengketa informasi” imbuhnya.

Beberapa point penting ditanyakan oleh Wakil Ketua Pansus KIP, Sri Riyadiningsih diantaranya tentang Perda KIP, pembentukan PPID Desa, implementasi KIP di tingkat desa, serta punishmen dan reward yang diberikan kepada OPD dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono yang turut hadir menambahkan, pihaknya senantiasa mendorong masyarakat agar sadar informasi.

“Keterbukaan informasi publik terus dilakukan untuk menghindari miss komunikasi, berbagai upaya dilakukan pemerintah dengan mengadakan kegiatan festival anggaran yang selalu digelar tiap tahun, ketersediaan medsos pelayanan informasi publik, Website aktif serta mendatangi masyarakat atau titik lokasi yang ada kecenderungan bermasalah untuk berdiskusi”. jelasnya ( An/In).