JADIKAN PRINSIP STEAM UNTUK PENDIDIKAN PAUD YANG LEBIH BERKEMBANG

Pengarahan dan Pembukaan Workshop Oleh Bupati Karanganyar di SMPN 3 Karanganyar

 

 

 

 

Karanganyar – Workshop Penerapan Science , Technology , Engineering , Art, Mathematic (STEAM) diselenggarakan di SMPN 3 Karanganyar, Senin (17/02/20).

Kurang lebih 250 guru TK/ Pendidikan Paud Negeri Se-Kabupaten Karanganyar yang mengikuti acara ini. Workshop STEAM sendiri merupakan, sebuah pendekatan pembelajaran terpadu yang mendorong siswa untuk berfikir lebih luas tentang masalah di dunia nyata. Selain itu juga mendukung pembelajaran dalam pemecahan masalah mengenai sains, teknologi, teknik, seni, dan matematika yang saling terkait.

Siti Amanah, M.Pd selaku ketua PGTKI Kabupaten Karanganyar berharap semoga kegiatan ini dapat menjadi pondasi di bidang pendidikan TK atau pendidikan PAUD Kabupaten Karanganyar.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono secara langsung membuka workshop ini. Dalam sambutannya, Beliau mengatakan “Dalam mendidik murid TK/PAUD guru harus menyertakan kasih sayang dalam kegiatan belajar mengajar dan harus membentuk karakter anak-anak, sesekali ajaklah mereka belajar di luar ruangan“ jelasnya.

Sementara itu, Munirah Munawar,S.Pi,M.Pd selaku pembicara dan dosen PG PAUD Universitas PGRI Semarang, mengatakan bahwa pembelajaran STEAM terjadi secara alami setiap harinya ketika anak-anak mengeksplorasi, bermain dan mencoba hal-hal yang baru.
Maka dengan adanya workshop siang hari ini diharapkan dapat membangun kreatifitas anak dalam cara berfikirnya serta menghasilkan anak-anak yang cerdas dan berguna bagi bangsa dan Negara. (In/An/Rz/Sh)