Otot Kawat Balung Wesi, Kalau Ingin Sehat Senamlah SSI Setiap Pagi

Bupati Karanganyar H. Juliyatmono saat memberikan ucapan selamat pasca pelantikan pengurus BARADA SSI Karanganyar

 

Karanganyar – 02 Januari 2020

Pelantikan Pengurus Badan Penyelenggara Daerah (BARADA) Senam Sehat Indonesia (SSI) Kabupaten Karanganyar masa bakti Tahun 2020-2025 digelar di Pendopo rumah dinas Bupati Karanganyar, Minggu(02/02/20).

Ketua SSI Kabupaten Karanganyar Sri Suryanti. S.Sos sampaikan bahwa total anggota SSI di Karanganyar mencapai 4.872 anggota yang memiliki KTA resmi dari 122 sasana di 17 Kecamatan yang ada di Karanganyar.

“ Semboyan kami NEGARA SEHAT NEGARA KUAT, kalau ingin sehat senamlah saat ini karena hari esok adalah penyakit “, jelas Sri Suryanti.

Sementara itu, Budi Prayitno. M.Si selaku Pengurus SSI Provinsi Jawa Tengah jelaskan bahwa Anggota SSI di Kabupaten Karanganyar ini merupakan yang terbanyak se Jawa Tengah. Ini membuktikan bahwa di Karanganyar banyak yang ingin sehat.

Menurut Budi Prayitno, senam SSI adalah senam dengan metode Movement Meditation. Semacam gerakan meditasi, melakukan gerakan dengan tenang dan fokus seperti halnya bermeditasi. Dengan harapan siapa saja yang ikut malakukan senam SSI ini semakin sehat.

“ Ada kurang lebih 18 gerakan dalam senam SSI, namun melakukan senam dengan gerakan dasar saja bila dilakukan dengan baik dan benar pasti badan akan sehat “, jelas Budi Prayitno.

Dengan anggota yang rata-rata sudah lansia, maka melakukan gerakan senam SSI harus secara bertahap untuk menuju gerakan yang benar. Budi Prayitno juga menyebut Badan Penyelenggara Kecamatan(BARACAM) menjadi ujung tombak SSI, karena setiap sasana bisa lebih mudah dalam mengamati dan memantau juga mengecek anggotanya  apakah sudah benar atau belum gerakannya.

Sambutan dan pengarahan Bupati Karanganyar

Bupati Karanganyar H. Juliyatmono yang hadir secara pribadi dalam pelantikan BARADA SSI  ini sampaikan harapan agar siapa saja yang ikut senam SSI ini semakin sehat, semakin bugar dan semakin produktif.

SSI lebih mengarah ke kontemplasi, dzikir atau gerakan yang berpusat pada fokus dengan konsentrasi tinggi. Kaena musik dalam senam ini hanya sebatas membantu mendampingi untuk memusatkan konsentrasi. Jika konsentrasi baik maka akan membawa badan yang sehat.

Bupati juga menjanjikan akan menghelat senam SSI masal se Jawa Tengah  di Tahun 2021 mendatang, dan pastikan Karanganyar siap menjadi tuan rumah.(Ard/Tgr)