Ingin Jadi Kabupaten Layak Anak, Komisi 4 DPRD Kediri Belajar Di Karanganyar

Karanganyar – 29 Januari 2020

Anggota Komisi 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kediri berkunjung ke Kabupaten Karanganyar guna kunjungan kerja terkait ingin belajar mengenai bagaimana Kabupaten Karanganyar bisa mendapatkan predikat sebagai Kabupaten Layak Anak. Rombongan diterima langsung oleh Sekda Karanganyar Sutarno di ruang Podang 1 Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Karanganyar, Rabu(29/01/20).

Terkait dengan kedatangan rombongan komisi 4 DPRD Kediri, Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Sekda Sutarno ucapkan banyak terimakasih. Selanjutnya Sekda Sutarno menjelaskan biografi Kabupaten Karanganyar juga visi dan misi dari Bupati Karanganyar, dan juga sampaikan bahwa pada tahun 2019 Kabupaten Karanganyar mendapatkan Predikat Kabupaten Layak Anak.

“ Monggo silahkan bertanya mencari informasi apa saja yang dibutuhkan, agar nanti selepas kunjungan ini pulang ke Kediri sudah ada gambaran untuk dikerjakan agar Kabupaten Kediri juga bisa mendapat predikat layak anak “, jelas Sekda Sutarno.

Mudofir. S.H selaku pimpinan rombongan anggota komisi 4 DPRD Kab. Kediri sampaikan maksud dan tujuan pada kesempatan kunjungan ke Karanganyar kali ini. Sehubungan dengan akan disusunnya raperda yang baru, salah satunya adalah Kediri ingin menjadi Kabupaten layak anak.

“ Maka dari itu kita datang ke karanganyar yang sudah menyandang predikat Kabupaten layak anak, kita ingin banyak belajar dan mencari informasi apa saja yang harus dikerjakan agar mendapat predikat Kabupaten layak anak “, jelas Mudofir.

Beberapa pertanya dilontarkan, antara lain mengenai bagaimana menyikapi regulasinya menurut undang-undang, ada juga pertanyaan masih adakah pekerja informal anak-anak di Karanganyar, berikutnya muncul pertanyaan pula apa brand yang digunakan Karanganyar sehingga mendapat predikat Kabupaten layak anak, dan juga berapa anggaran yang digunakan untuk program Kabupaten layak anak ini, juga hambatannya apa saja?

Plt. Asisten Pemerintahan Karanganyar Hadid menjelaskan, predikat yang diperoleh Karanganyar masih pratama untuk Kabupaten layak anak, masih ada beberapa instrumen pendukungnya seperter raperdanya masih belum selesai semua, jelasnya.

Sekda Sutarno juga jelaskan bahwa indikatornya adalah sekolah ramah anak, puskesmas ramah anak, dan taman layak anak. Beberapa dinas terkait membantu mengerjakan indikatornya dengan baik juga, ada Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan juga Baperlitbang..

“ Taman ramah anak menjadi prioritas Bupati saat itu, juga adanya kartu identitas anak(KIA) sebagai, ada juga forum anak, lembaga-lembaga terkait perlindungan anak, melibatkan masyarakat menjadi  pendukung penilaian”, terang Sekda Sutarno.(Ard/Tgr)