Festival Kitiran Alang-Alang Kumitir

 

Diskominfo
Wabup Karanganyar tinjau lokasi festival kitiran alang-alang kumitir

Karanganyar – Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto membuka acara Festival Kitiran Alang-Alang Kumitir yang diselenggarakan BUMDes Sekar Arum Gondosuli Tawangmangu Karanganyar, Kamis (24/10).

Adapun festival tersebut akan berlangsung hingga Minggu (27/10). Tampak puluhan kitiran berbahan kertas, kayu dan seng warna-warni menghiasi sepanjang akses ke lahan perkebunan.

Dalam kesempatan itu, Rober Christanto mengapresiasi pengurus BUMDes Sekar Arum yang telah mengawali langkah guna meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Gondosuli, mengingat belum banyak yang telah menjalankan BUMDes di masing-masing desa.

“Saya ingin festival (Kitiran Alang-Alang kumitir) ini digelar setiap tahunnya. Ini mengawali untuk menarik para wisatawan. Karena dapat digunakan untuk spot selfie,” katanya.

Selain itu, untuk lebih menambah daya tarik para wisatawan, Rober berharap ada tambahan edukasi pertanian. Menurutnya, potensi alam yang ada di Gondosuli luar biasa. “Setiap weekend, para wisatawan bisa melepas penat dengan edukasi pertanian. Seperti ikut menanam atau memetik sayuran. Melihat alam yang hijau dan perkebunan bisa melepas penat di sela rutinitas kerja,” terangnya.

Ketua BUMDes Sekar Arum Gondosuli, Bimo Aji Sudarsono mengatakan, festival kitiran sebenarnya sudah dilaksanakan di Karanganyar dua kali, yang pertama diselenggarkan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Karanganyar. Namun karena tahun ini tidak diselenggarakan dan akhirnya diselenggarakan oleh BUMDes Sekar Arum. Festival kitiran ini akan berlangsung selama empat hari.

“Kenapa Festival Kitiran Alang-Alang Kumitir diselenggarakan Oktober, kami berharap supaya segera turun hujan. Supaya warga bisa menanam sayur. Selain itu tempat ini bisa menjadi destinasi baru, untuk spot selfie. Dengan pemuda sekitar secara bertahap kami akan menggali potensi yang ada di Gondosuli,” terangnya.

Bimo menuturkan, selain ada klinik tani, ada juga pertunjukan tari Bagus Kabanaran Roro Gondosuli yang ditampilkan pada Sabtu (26/10). Ia mengungkapkan, pihaknya memang benar-benar baru merintis usaha BUMDes. BUMDes Sekar Arum baru berjalan sekitar 8 bulan dengan 10 orang pengurus di dalamnya. Sampai saat ini, unit usaha yang dikelola BUMDes Sekar Arum baru mencari mitra untuk memasarkan sayur dari para pertani seperti wortel, daun bawang dan kubis organik. (Ina/An)