Desa Gentungan Akan Dicanangkan Sebagai Kampung Organik

Bupati Kareanganyar didampingi Asisten I & asisten II dalam acara audiensi dengan Kementrian Perekonomian cluster padi khususnya padi organik, Selasa(03/09/19)

Karanganyar – 3 September 2019

Sehubungan dengan pasca pertemuan Bupati Karanganyar dengan Kementrian Bidang Perekonomian, perwakilan dari Kementrian Koordinator bidang perekonomian  RI, Deputi bidang koordinasi pangan dan pertanian asisten deputi agribisnis selenggarakan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar untuk membahas mengenai pengembangan cluster pangan dan pertanian khususnya padi.

Yuli Wilanti. Spi. MP selaku Koordinator bidang pertanian agribisis sampaikan maksud dan tujuan kerjasama ini ialah untuk mengupdate perkembangan cluster pertanian khususnya padi di Kabupaten Karanganyar sesuai arahan dari Menteri Perekonomian, Selasa(03/09/19).

Bupati Karanganyar H. Juliyatmono sampaikan bahwa di Karanganyar ada Desa Gentungan di Kecamatan Mojogedang kemarin sudah di support oleh pemerintah berupa pupuk. Di Gentungan konsen dengan beras organik, karena memang Pemkab ingin konsen dengan beras organik agar bisa menghasilkan dengan kualitas bagus dengan harga jual yang tinggi.

“ Pemerintah itu tugasnya membantu memfasilitasi agar ada nilai lebih bagi petani, kampung organik insya Allah warganya sudah lebih melonjak dari sisi perekonomiannya dengan adanya beras organik disana. Kalau yang mengeluh itu berarti tidak berhasil “, jelas orang nomor satu di Bumi Intanpari ini.

Pemerintah akan berusaha membantu mengatasi masalah yang dihadapi petani, walau nantinya harus membeli alat apapun dengan modal berapapun beras organik di Gnetungan harus dihimpun dengan bagus dan ga boleh di jual sendiri-sendiri. 132 Ton sekali panen untuk beras organik ini.

Kalaupun natinya harus sedikit diberi sentuhan teknologi agar harga jual lebih naik lagi ya tidak apa, toh semua diupayakan agar harga jualnya tinggi, tegas Bupati Juliyatmono.

Bumdes perlu ditata sedemikian rupa supaya pasca panen petani tidak bingung bagaimana menjualnya, ini juga bertujuan supaya pendampingan dari semua pihak bisa lancar dan harapannya bisa ditiru di daerah yang lainnya juga.

“ Teknologinya nyambung, masyarakatnya nyambung, kampungnya akan jadi kampung wisata pertanian di Gentungan “. Besok ada agenda bersih sungai di Gentungan sekaligus akan dicanangkan sebagai Kampung Organik.(Ard/Tgr)