Gali Potensi Inovasi Di Tiap Desa

Kominfo
Pembukaan Bursa Inovasi Desa TPID Kecamatan Karangpandan langsung dibuka oleh Camat Karangpandan yang dalm hal ini mewakili Bupati Karanganyar di aula terminal Makuthoromo, Rabu(31/07/19).

Karanganyar – 31 Juli 2019

Inovasi Desa memang sangat menjanjikan untuk kemajuan Desa, tak luput juga perekonomian warga masyarakatnya pun juga akan melonjak naik. Ini harus didasari dengan gerakan inovasi desa yang baik. Demi menunjang aspek tersebut, Pemerintah Kabupaten Karanganyar khususnya di Kecamatan Karangpandan gelar Bursa Inovasi Desa di aula terminal Makuthoromo, Rabu(31/07/19).

Dengan berbagai macam bursa inovasi, mulai dari kewirausahaan, bursa sumber daya manusia, dan juga bursa infrastruktur, pemerintah mempunyai harapan adanya gagasan inovasi desa yang sangat luar biasa dari masyarakat.

Bursa Infrastruktur misalnya, tim menawarkan contoh seperti  inovasi mina parit desa, alun alun desa, mikro hidro, lahan kosong untuk taman olah raga desa, drainasi sebagai tempat budidaya lele, dan kawasan pertanian menjadi edukasi. Sedangkan bursa kewirausahaan tim memberikan contoh seperti budidaya rumput dan bonsai, pembuatan batik, petani organik, rumah anggrek, bank sampah, pembuatan keris, agroponik, bioflog lele, pembuatan kapsul daun kelor dan lainnya.

Untuk bursa sumber daya manusia sendiri tm menawarkan contoh lawu percussion, kampung KB, PAUD desa, kampung bahasa, desa wisata edukasi, sekolah teknik desa dan pelayanan administrasi kependudukan digital.

Sugiyarto, S.E, M.M Camat Karangpandan, sampaikan bahwasanya inovasi di desa harus bisa baik, ini akan menjadi ajang pembuktian kemajuan desa. Mana Desa yang terbaik inovasinya. Sugiyarto juga mempunyai keinginan adanya acara tanya jawab bagi pegiat inovasi desa dalam bursa inovasi desa kali ini.

Kegiatan semacam ini sudah terlaksana 1 Th lebih dan berjalan dengan baik. Inovasi-inovasi yang belum terlaksana mari disengkuyung agar bisa terlaksana dengan baik. “ silahkan menggali potensi inovasi yang mnearik “, jelas Sugiyarto.

Tim TPID dari Kabupaten berharap hasil dari adanya bursa inovasi ini bisa menuntun desa untuk mengeluarkan potensi inovasi yang baik dan menarik. Nantinya dalam pelaksanaan agar bisa berjalan baik memang perlu adanya anggaran dari dana desa. APBDes tahun 2019 bisa digunakan.(Ard)