Puskesmas Colomadu II di Kunjungi Tim Verifikasi Kabupaten Layak Anak

Tim Verifikasi Kabupaten Layak Anak mengujungi Puskesmas Colomadu II

 

KARANGANYAR – 6 Mei 2019

Untuk mewujudkan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Karanganyar, Tim Verifikasi yang dipimpin Dr Hamid Patilima mengunjungi Puskesmas Colomadu II, Di Kecamatan Colomadu, Karanganyar. Tim ingin melihat Puskesmas tersebut apakah sudah ada tempat bermain anak. Seperti tempat bermain anak.

“Tim terjun ke lapangan untuk melihat langsung apakah di Puskemas Colomadu ini ada tempat untuk anak. Verifikasi ini untuk memastikan, apakah evaluasi mandiri yang dilakukan kabupaten melalui gugus tugasnya terhadap indikator KLA benar atau tidak,” papar Hamid Patilima, Senin (6/5).

Dia menambahkan sarana pendukung di Karanganyar untuk dijadikan Kabupaten Layak Anak sudah cukup bagus. Sepintas, apa yang disampaikan dalam data administrasi sudah cocok dengan kondisi di lapangan. Di antaranya pemenuhan hak sipil anak, seperti pemenuhan akta kelahiran hingga keberadaan forum anak. Kemudian keberadaan ruang bermain ramah anak, serta lembaga pengasuhan anak.
Juga pelayanan kesehatan ramah anak, sekolah ramah anak, hingga perlindungan terhadap anak dari kekerasan. “Karanganyar sejauh pengamatan kami sudah bagus. Ada puskesmas ramah anak, kebijakan tentang pembuatan akta kelahiran yang cepat, sekolah ramah anak, dan sebagainya. Dukungan dari pemerintah, masyarakat, pengusaha dan media juga ada,” imbuhnya. (hr/adt)