Kades Baru Diajak Turunkan Kemiskinan

Bupati Karanganyar Menyematkan Tanda Jabatan kepada salah satu Kades terpilih.

KARANGANYAR –

Sebanyak 145 kades terpilih dilantik bupati Karanganyar di pendopo rumah dinas bupati Kamis pagi (21/03). Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Karanganyar tersebut mengajak kepala desa baru untuk mengurangi angka kemiskinan di daerah masing-masing. Meskipun banyak program baik tidak akan bagus jika angka kemiskinan masih cukup tinggi.

“Saya mengajak para kades untuk mengurangi angka kemiskinan. Dahulu 13 persen dan sudah turun 10,01 persen. Jika nanti para kepala desa bergerak bersama maka diharapkan angka kemiskinan terus menurun,” papar Bupati Juliyatmono dihadapan para kepala desa saat memberikan sambutan pelantikan.

Dia menambahkan kepala desa yang baru harus tahu betul masyarakatnya. Ke depan, kepala desa diminta mendata warga miskin ‘by nama by address’. Jika sudah menemukan, dan mereka tergolong usia produktif maka akan diupayakan mempunyai penghasilan baru dengan memberikan sarana dan prasarana. “Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi bapak dan ibu karena sudah dipercaya oleh masyarakat untuk memimpin desanya masing-masing. Selamat mengabdi silahkan dilaksanakan tugas tersebut dengan sebaik baiknya,”imbuhnya.

Selain itu, bupati meminta kepala desa terpilih untuk memulihkan suasana seperti sebelum dilaksanakan pilkades. Rangkul semua baik yang mendukung atau tidak sehingga tercipta suasana yang ayem tentrem dan guyub rukun.  Pihaknya juga mengucapkan selamat bekerja dan menjadi pemimpin yang selalu memberikan energi positif. (hr/adt/tgr/ard)