Bupati Pantau Persiapan Pelaksanaan Pilkades di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu

 

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengabsen petugas pemilihan kepala desa yang datang. Hal itu untuk memasatikan pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan aman

 

 

KARANGANYAR – 14 Februari 2019

 

Bupati Karanganyar, Juliyatmono bersama Polres Karanganyar dan Dandim 0727 melaksanakan pemantauan persiapan pelaksanaan Pilkades di sejumlah tempat. Yakni Di Kecamatan Colomadu, Kebakkramat, Jumantono, Tawangmangu dan Karangpandan. Pada kesempatan itu, orang nomor satu di Karanganyar menekankan kepada panitia untuk tidak ragu-ragu, tegas dan transparan.

“Jangan kasuk-kusuk atau hal-hal yang membuat masyarakat jadi bertanya. Silahkan dilaksanakan secara transparan, jujur dan apa adanya. Tekan sekecil mungkin peluang kecurangan yang muncul,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono saat memberikan pembinaan kepada panitia, Pjs Kades, RT, RW dan masyarakat.

Dia menekankan pada petugas pemanggil calon pemilih untuk masuk tidak terlalu sering berbicara menggunakan pengeras suara. Sebab orang yang datang ke TPS tidak perlu banyak suara panggilan. Selanjutnya, jika terjadi dua pasangan draw atau imbang dalam penghitungan, maka suara itu dijajarkan per dusun. “Calon yang jadi jika suara draw, bukan dihitung lagi, namun dihitung tingkat persebaraan pemilih. Jika persebaran pemilih di masing-masing dusun banyak maka itu yang menang,” imbuhnya.

Orang nomor satu di Karanganyar tersebut juga mencontohkan bagaimana mengumpulkan kartu suara. Setelah dihitung, kartu suara itu ditempatkan Calon A di jadikan satu dan calon B juga dijadikan satu, kemudian dicocokkan dengan papan skor dan akan diketahui jumlahnya sama. “Jika mulai penghitungan, panitia boleh menghitung jumlah suara namun tidak boleh diumumkan. Nanti jika sudah selesai, baru diumumkan jumlah kartu suara yang dipakai,” imbuhnya.

Bupati berharap pelaksanaan pilkada akan berlangsung aman dan damai. Tidak perlu membenci tetangga hanya karena pilihannya beda. Pilihan boleh berbeda namun masyarakat tetap bersaudara dan tetap guyup rukun. (hr/adt)