Penyampain Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah

Rabu, 23 Januari 2019

 

Pada hari Rabu (23/1), telah dilaksanakan rapat Penyampaian Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2018 – 2023 di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar. Dalam hal ini, Bupati diwakilkan oleh Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto. Dalam penyampainnya, visi pembanguan Kabupaten Karanganyar adalah “Berjuang Bersam Memajukan Karanganyar”. Perwujudan Visi Pembangunan ditempuh melalui Misi untuk memberikan arah kemajuan pembangunan Kabupaten Karanganyar selama 5 (lima) tahun ke depan.

Penjabaran dan implementasi dari pernyataan Visi dan Misi telah dirumuskan tujuan dan sasaran pembanguan yang akan dicapai secara nyata dalam rumusan yang lebih spesifik dalam suatu indikator kerja. Lima misi tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Pembangunan Infrastruktur Menyeluruh

Dengan tujuan terwujudnya infrastruktur menyeluruh dan taat kelola pemerintah yang baik, untuk kesejahteraan masyarakat yang berdaya saing, inklusif, tangguh dan berkelanjutan.

  1. Pemberdayaan Perekonomian Rakyat

Dengan tujuan terwujudnya ekonomi masyarakat yang kokoh.

Sasarannya adalah meningkatkan produktivitas di bidang industry pertanian dan pariwisata, meningkatkan pelaku usaha dan UMKM, meningkatkan lapangan kerja, serta meningkatkan swasembada untuk ketahanan pangan.

  1. Pendidikan Gratis SD/SMP dan Kesehatan Gratis

Dengan tujuan terwujudnya sumber daya manusia yang cerdas, berkarakter, sehat, dan berkualitas.

Sasarannya adalah meningkatkan akses dan kualitas pendidikan yang inklusif dan berkelanjutan, serta meningkatkan akses, kualitas layanan kesehatan dan perilaku hidup sehat masyarakat.

  1. Pembanguan Desa Sebagai Pusat Pertumbuhan

Dengan tujuan terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat desa.

Sasarannya adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pemerintahan desa untuk membangun desa sejahtera, meningkatkan kemampuan ekonomi desa, serta meningkatkan kondusivitas desa.

  1. Peningkatan Kualitas Keagamaan, Sosial, Budaya, Pemberdayaan Perempuan, Pemuda dan Olah Raga.

Dengan tujuan terwujudnya masyarakat yang religious, berbudaya, berprestasi dan kesetaraan gender.

Sasarannya adalah meningkatnya kualitas keagamaan dalam keberagaman, menguatnya nilai luhur budaya lokal dalam peprilaku sosial, pengembangan karya seni, dan pengelolaan warisan budaya, meningkatnya sikap dan perilaku nilai – nilai kebudayan, meningkatnya kualitas pembangunan gender, perlindungan anak dan perempuan, serta meningkatnya kesejahteraan sosial kelompok berkebutuhan khusus dan lainnya.

 

Diskominfo (ind/sr/d)