KEMENKOMINFO : Cegah Bahaya NAPZA Melalui Pagelaran Wayang Kulit

Kominfo
Bupati Karanganyar Juliyatmono, Dirjen IKP Kemenkominfo Wiryanto, BNN Pro. Jateng saat berdialog diakhir acara gelaran Wayang Kulit yang diselenggarakan Kementrian Kominfo bekerja sama dengan Pemkab Karanganyar di Lap. Baturan Colomadu, Minggu(28/10).

Karanganyar – 28 Oktober 2018

Bahaya Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif (NAPZA) selalu menjadi ancaman yang sangat berbahaya bagi generasi penerus bangsa. Bukan hanya menyerang kaum pemuda, NAPZA ini dapat merajalela melalui semua golongan.

Kekhawatiran pemerintah akan bahaya NAPZA langsung ditindak lanjuti oleh pemerintah. Melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika bidang IKP yang diberi mandat oleh Presiden, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Dinas Kominfo Karanganyar. Pemerintah mensosialisasikan bahaya NAPZA melalui pagelaran budaya Jawa yaitu Wayang Kulit oleh Dalang Ki Warseno SLANK yang diselenggarakan di Lapangan Baturan Colomadu, Minggu(28/10).

Dirjen IKP Kementrian Kominfo Wiryanto dalam pidato sambutannya menjelaskan, sosialisasi bahaya NAPZA ini pemerintah langsung menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah guna menejelaskan gejala-gejala yang dapat dilihat dari seorang pengguna maupun pecandu dari NAPZA itu sendiri.

Pemerintah berharap, perean serta masyarakat melalui perangkat Daerah harus bisa saling guyub membantu dalam hal sosisalisasi, pencegahan hingga penanggulangan beredarnya NAPZA ini agar tidak menjamur di masyarakat.

“ Mari bahu-membahu memberantas NAPZA agar keluarga kita, sekeliling kita terhidar semua “, tegas Wiryanto Dirjen IKP dari Kemenkominfo ini.

Sementara Agung Cahyo Nugroho Sekretaris Dinas Kominfo Karanganyar yang dalam hal ini mewakili Bupati Karanganyar, menyampaikan bahwa generasi muda jangan sampai rusak dan tercemar oleh NAPZA, “ ini sangat membahayakan apalagi kalau sudah kecanduan “, tegasnya.

Dalang Ki Warseno SLANK dalam pertunjukannya yang mengambil tema lakon   “ Werkudoro Maneges “ dengan lantang membantu mensosialisasikan  bahaya NAPZA ini kepada seluruh masyarakat yang hadir menyaksikan gelaran Wayang Kulit.

Diakhir acara Bupati Karanganyar, Dirjen IKP Kemenkominfo, dan BNN Prov. Jateng berdialog mengenai hal yang serupa.

Demikian Diskominfo(Kriss/Ard).