Bangun Pemuda Satukan Indonesia

 

Bupati Karanganyar, Juliyatmono memimpin upacara sumpah pemuda di Lapangan RM Said Karanganyar, Minggu (28/10)

 

 

KARANGANYAR – 28 Oktober 2018

 

Peringatan sumpah pemuda di Karanganyar dilakukan dengan upacara di lapangan RM Said Karanganyar. Upacara yang dipimpin oleh Bupati Karanganyar itu mengambil tema Bangun Pemuda Satukan Indonesia. Sekaligus dalam upacara tersebut, Bupati menutup rangkaian jambore pemuda yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 26-28 Oktober 2018.

“Kita berhutang budi kepada para pemuda di tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda. Sehingga menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran kebangsaan Indonesia dan sekaligus menjaga komitmen kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia,” papar Bupati Karanganyar, Juliyatmono dalam sambutan upacara sumpah pemuda, minggu (28/10).

Dia menambahkan peringatan sumpah pemuda ke 90 dengan tema bangun pemuda satukan Indonesia. Menurutnya tema ini diambil untuk dasar pentingnya membangun kepemudaan untuk melahirkan generasi pemuda yang beriman, beraklah mulia, sehat, cerdas, kreatif dan inovatif, kewirausaahan, demokratis, dan bertanggung jawab. Serta memiliki pemuda yang mempunyai daya saing tinggi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. “Pada tahun 2019 bangsa Indonesia akan menghadapi hajat besar yakni pemilu legislatif dan presiden RI. Diharapkan  peran pemuda dapat mensukseskan geliat lima tahunan tersebut,” imbuhnya.

Partisipasi aktif para pemuda, menurut Juliyatmono dapat diwujudkan untuk menyelenggarakan pemilu yang damai aman, jujur dan kredibel. Selain itu, pemuda diharapkan dapat keluar dari sikap-sikap primordialis yakni, suku bangsa, ras, dan agama menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Berjuangalah, pemuda-pemuda Indonesia dan Lahirkan ide-ide, cita-cita untuk kejayaan Bangsa. Dalam kesempatan itu, BUpati juga menutup jambore pemuda Indonesia di Kabupaten Karanganyar tahun 2018 dan menutup festival kincir angin. (hr/adt)