43 Wartawan Grobogan ‘Geruduk’ Ke Bumi Intanpari

Kabag Humas Kabupaten Grobogan, Teguh Harjo Kusumo memberikan paparan mengenai maksud kunjungan wartawan grogongan ke Karanganyar

 

 

Karanangnyar – 16 Oktober 2018

 

Sebanyak 43 wartawan yang bertugas di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah ‘geruduk’ ke Kabupaten Karanganyar. Mereka ingin melihat dan menulis tentang keunggulan dan potensi wilayah bumi intanpari. Alhasil, di ruang podang gedung Setda Karanganyar, rombongan yang dipimpin kabag Humas Grobogan, Teguh Harjo Kusumo diterima oleh Asisten I, Bachtiar Syarief, Kabag Humas Karanganyar, Yuli Astuti dan Kabid IKP, Ardhiansyah.

“Kami ingin menimba ilmu di Karanganyar. Meskipun umur Kabupaten Kami lebih tua yakni 283, namun perlu studi untuk mencari data, mengkomparasi, momotret dan eksplore Kabupaten Karanganyar,” papar Teguh Harjo Kusumo.

Teguh yang baru dilantik 3 Agustus 2018 menjadi kabag Humas tersebut sempat mengaku takut jika bertemu wartawan –pada saat bertugas di salah satu kecamatan–. Namun saat ini berkecimpung di dunia humas ternyata mereka lucu-lucu dan menarik. Menurut Teguh, pihaknya sudah browsing tentang Karanganyar secara lengkap. Namun akan lebih lengkap lagi, jika bisa datang secara fisik. “Grobongan sendiri mempunyai potensi yang besar dibidang Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai). Bahkan, kami sudah mempunyai RKG (Rumah Kedelai Grobogan),” imbuhnya.

Lebih jauh, Teguh mengatakan pihaknya tengah mengembangkan varietes kedelai yang sifatnya nasional atau mendunia. Pasalnya produk-produknyanya sudah mendapatkan sertifikasi iso. Baru saja, tambah Teguh Grobogan memecahkan rekor muri dengan membuat tempe 7 x 10 meter dengan ketebalan 4 cm. “Infrastuktur kami juga menjadi prioritas utama pembangunan Kabupaten Grobogan. Dulu orang lebih paham jalannya yang rusak mengenai grobongan. Namun sekarang sudah mulus,” imbuhnya.

Sementara Asissten I Setda Karanganyar, Bachtiar Syaief menyambut baik kunjungan 43 wartawan dan kabag humas Pemkab Grogoban tersebut. Plt Kadis Kominfo tersebut menambahkan Kabupaten karanganyar adalah salah satu  kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang berada di sisi barat lereng gunung lawu. Karanganyar berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur tepatnya dengan kabupaten magetan. Kabupaten karanganyar sendiri memiliki 17 kecamatan dan 177 kelurahan. Luas wilayah kabupaten karanganyar sendiri hampir 80 ribu hektar, atau tepatnya 77.378,64 hektar. Karena wilayah yang luas dan letak geografis yang strategis, Kabupaten karanganyar memiliki banyak potensi daerah yang bisa dikembangkan. “Mulai dari potensi pariwisata, potensi di bidang sumber energi, potensi di bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan dan juga potensi di bidang industri. Di bidang pariwisata banyak sekali tempat atau objek yang sangat bisa untuk dijadikan tempat wisata. Di wilayah gunung lawu sendiri banyak sekali objek keindahan alam yang bisa dimanfaatkan,” ujar Bachtiar Syarief. (Hr/Adt/Vinda)