JULIYATMONO ; BAPAK IBU GURU GEMBIRAKAN ANAK-ANAK SAMBIL BELAJAR

Diskominfo
Juliyatmono saat menghadiri Vicon pembelajaran kelas rendah dimasa Covid-19

 

KARANGANYAR-Dalam rangka pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) pada kelas rendah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Karanganyar  menyelenggarakan Video Conference  (Vicon)  Rabu Pagi (16/09/20).

Vicon dengan pembahasan terkait pembelajaran pada kelas rendah dimasa Covid-19 yang berlangsung di Ruang Sambernyawa Information Center (SIC) Diskominfo Karanganyar tersebut turut dihadiri Bupati Karanganyar Juliyatmono, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tarsa serta diikuti perwakilan TK dan SD kelas rendah se Karanganyar.

Pada kesempatan tersebut Juliyatmono mengajak agar tetap optimis dan semangat dalam menghadapi Covid-19 meski belum dapat dipastikan kapan berakhir.

Dirinya juga meminta kepada seluruh guru di Karanganyar serta jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk  selalu memikirkan orientasi bagaimana caranya agar aktivitas berjalan dengan baik. Disituasi seperti ini guru tidak bisa untuk memasang target seperti sebelum pandemi, pembelajaran tidak harus terpenuhi 100 persen dan guru harus selalu menggembirakan anak didiknya.

“Bapak Ibu Guru gembirakan anak-anak sambil belajar, urip penting memperhatikan kesehatan. Ajak anak senang pakai masker, cuci tangan, kontrol diri, makan makanan yang sehat” terangnya.

Sementara Tarsa mengungkapkan bahwa guru dan orang tua tidak boleh menyerah dengan keadaan, dan terkait kurikulum yang digunakan saat ini menggunakan kurikulum darurat, kepada para guru diberikan pilihan, bisa memakai kurikulum yang disusun pemerintah pusat, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja Guru (KKG) maupun disusun oleh sekolah itu sendiri. Sehingga kurikulum sekolah yang satu dengan yang lain bisa saja berbeda.

Ditambahkan bahwa sekolah belum diperbolehkan melaksanakan tatap muka, tapi protokol kesehatan tetap dilaksanakan “ Dunia pendidikan formal dan nonformal protokol kesehatan tetap dilaksanakan anak masuk atau tidak, kalau ada sekolah kelihatan kotor, tidak pernah dibersihkan tidak bagus” jelasnya.

Diakhir sambutannya dirinya meminta kepada para guru agar memberikan tugas yang menyenangkan kepada siswa, yang sederhana dan tidak terlalu banyak. Diskominfo (An&In)