Jangan Disalahgunakan Bantuan Dari Kemensos

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyalurkan bantuan dari Kemensos untuk Kube di Rumah Dinas Bupati

 

KARANGANYAR – Sebanyak 120 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di Kabupaten Karanganyar mendapat kucuran dana dari Kemensos Rp 20 juta. Bantuan total Rp 2,4 miliar tersebut diharapkan dapat membangun usaha dengan baik dan keluar dari Program Keluarga Harapan (PKH). Bupati Karanganyar, Juliyatmono mewanti-wanti dana tersebut untuk tidak disalahgunakan atau keluar dari program yang sudah ditetapkan.

“Setiap Kube ini beranggotakan 10 orang dan setiap Kube menerima Rp 20 juta untuk usaha bersama. Harapannya kami, mereka bisa keluar dari PKH –anggota kube juga penerima PKH–dan dapat mandiri untuk berusaha meskipun berat dalam situasi covid 19 seperti ini” papar Juliyatmono.

Dia menambahkan untuk jenis usahanya diserahkan mereka masing-masing. Ada yang untuk sewa menyewa kajang dan masih banyak lagi. Sebelum covid 19 keluarga yang keluar dari PKH sekitar 2000 orang. Pihaknya berharap bantuan usaha bersama agar bisa dimanfaatkan untuk usaha demi keberlangsungan hidup. Kalau usaha belum berjalan agar bersabar karena Pemerintah saat ini sedang mencari solusi dan jalan agar semuanya bisa berjalan ditengah Pandemi Covid-19 ini.

Lebih jauh, Bupati mengatakan bantuan diberikan agar semua bisa lepas dari keterpurukan ditengah Pandemi Covid-19. Sebab memang kondisi ekonomi saat ini dalam kondisi yang buruk. Sering saya sampaikan kepada para pegawai negeri bahwa gaji sama rezeki itu berbeda. Kalau gaji sudah pasti setiap bulanya tapi kalau rezeki tidak pasti datangnya kita tidak tahu, berkah dan rezeki dari mana hanya Allah SWT yang mengetahuinya.”Saya selaku Pemerintah hanya bisa berdoa semoga KUBE ini bisa berjalan dengan baik, sudah ada pendamping yang akan memfasilitasi sehingga usahanya bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.(hr/adt/angga)