PPID Desa Diminta Tangani Informasi Dengan Baik

Tim Monev PPID Kabupaten Karanganyar melakukan monitoring di PPID Desa Se Kecamatan Jenawi

 

KARANGANYAR – Arus informasi di saat ini tidak terbendung dan berlangsung cepat. Bahkan dalam era keterbukaan informasi, badan publik diharapkan memberikan informasi akurat, pas, cepat dan benar. Termasuk jika diminta informasi, desa sebagai badan publik harus siap memberikan informasi dengan baik.
“Kami berharap desa menangani informasi dengan baik. Dalam UU Keterbukaan Infomasi Publik nomor 14 tahun 2008, badan publik harus siap memberikan informasi ketika ada pencari Informasi meminta informasi,”papar Kepala Bidang Informasi, Komunikasi Publik, Diskominfo Karanganyar, Teguh Triyono SH, M.Si dalam pendampingan dan monitoring PPID Desa se kecamatan Jenawi, Kamis (06/08) di aula Kantor Kecamatan Jenawi.

Teguh menambahkan UU 14 tahun 2008 mengamanatkan masyarakat berhak menerima informasi. Juklak dan juklis mengenai tersebut diatur dalam Perbup nomor 24 tahun 2017. “Jika kita tidak memberikan informasi dengan baik atau menyepelekan maka pencari informasi bisa melaporkan dan bisa menjadi sengketa informasi. Saya berharap Desa harua siap memberikan informasi dengan baik,”tambahnya.

Sementara Camat Jenawi, Agus Dwianto S.Sos, MM meminta petugas PPID desa memyimak dengan baik monitoring PPID darI Kabupaten Karanganyar. Tanyakan hal hal berkaitan informasi sejelas jelasnya. Sebab informasi yang tidak lengkap akan membuat masyarakat menjadi bingung dan bertanya tanya. Jika informasi jelas, maka pencari informasi tidak akan mempersoalkan informasi tersebut. “Tanyakan secara jelas informasi apa saja yang boleh dipublikasikan. Serta informasi yang dikecualikan sehingga PPID tahu persis,” tambahnya.

Sementara Kasi PSDKI, Kristiana Dwi Kartiningsih S.S MM menambahkan PPID desa bisa dibentuk dengan menggunakan proses atau mekanisme yang ada. PPID bisa dibentuk setelah ada Perdes. PPID berkewajiban mengelola informasi dengan membuat Daftar Informasi Publik (DIP) . Selain itu harus menyiapkan Informasi berkala, informasi serta merta dan informasi setiap saat. (hr/dnk/tgr)