PPID Desa Kecamatan Jenawi Siap Dibentuk

Kepala Desa, Sekdes dan BPD Mengikuti Sosialisasi Pembentukan PPID Desa di Kecamatan Jenawi

Karanganyar – Kecamatan Jenawi gelar sosialisasi pembentukan PPID Tingkat Desa, dengan menghadirkan narasumber dari Diskominfo Kabupaten Karanganyar  pada Kamis, (13/02/20) di Aula Kantor Kecamatan Jenawi.

Hal tersebut dilakukan demi terwujudnya pemerintah desa dan masyarakat yang sadar informasi, karena saat ini pemerintah desa dituntut untuk menerapkan keterbukaan informasi publik, yang ditandai dengan terbentuknya struktur Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID).

Dalam sosialisasi tersebut, Kasi PSDKI, Kristiana Dwi K selaku narasumber dari Diskominfo Kabupaten Karanganyar memaparkan terkait penetapan Perdes, pembentukan PPID Desa, atasan PPID, serta bagaimana mengelola informasi yang benar sehingga terhindar dari permasalahan sengketa informasi.

Lebih lanjut dijelaskan informasi-informasi yang wajib disampaikan ke masayarakat desa, seperti informasi wajib berkala, informasi setiap saat, informasi serta merta dan informasi yang dikecualikan.

“Informasi bisa masuk kategori dikecualikan setelah melalui tahapan atau mekanisme, yakni dilakukan rapat dengan mengundang pihak terkait, menyiapkan informasi apa yang akan dimasukkan dalam kategori dikecualikan, kemudian dilakukan uji konsekuensi, dibuatkan berita acara yang ditandatangani oleh perwakilan peserta yang hadir baru ditetapkan dengan keputusan kepala desa” terang Kristiana.

Ditambahkan oleh Eny Fauziah, Sekretaris Diskominfo Kabupaten Karanganyar, bahwa sesuai dengan adanya UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, Perbub No 24 Th 2017 tentang pedoman pengelolaan dan pelayanan informasi dan dokumentasi, serta aturan Komisi Informasi No 1 Th 2018 tentang standar layanan informasi maka perlu segera dibentuk PPID desa, atasan PPID dan juga membuat Website PPID Desa.

Lebih lanjut, penggalakan keterbukaan informasi publik ini perlu dilakukan karena desa juga menjadi badan publik yang legal dan bertanggung jawab memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat. Dengan demikian, desa harus mempersiapkan beberapa hal untuk mendukung posisinya sebagai badan publik. (An/In/Tgr)