Kunjungi Karanganyar, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Mengajak Seluruh Elemen Masyarakat Untuk Menanam Pohon Dan Resmikan Museum Atsiri

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Wakil Bupati Karanganyar Rober Cristanto dan Camat Tawangmangu Rusdianto saat akan melaksanakan penanaman pohon di Bukit Mongkrang Tawangmangu Karanganyar

Karanganyar – 12 Februari 2020

Pernyataan itu disampaikan oleh Ganjar saat mengikuti aksi penanaman bersama ratusan relawan di Bukit Mongkrang Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Rabu (12/2/2020).

“Kemarin saya agak kaget ketika diomongkan, Pak Ganjar ngelawak, hutannya sudah rusak baru mau ditanaman. Lah wong sudah rusak, nggak mau ditanam, lha anda maunya apa? Karena itu sudah rusak maka ayo ditanam,” katanya disela aksi penanaman pohon.

Kepada pihak Perhutani, Ganjar meminta supaya mengajak partisipasi masyarakat seperti LMDH atau kelompok peduli lainnya ketika ada pemnfaatan lahan. Sehingga ketika ada pemanfaatan lahan hutan yang sifatnya membuka ruang semisal untuk pariwisata atau sebagainya, partisipan-partisipan tersebut bisa diajak.

“Kurangi sesedikit mungkin nebang, syukur nol. Sehingga kalau kita mau buat ruang-ruang katakan untuk pariwisata, dan pemanfaatan sebagainya.

Tolong meliuk saja, mengikuti kontur. Tidak perlu merubah. Nah ini yang kita harapkan bisa berjalan. partisipan-partisipan itu bisa diajak, masyarkakat bisa diajak sehingga tidak sinis yang muncul,” terangnya.

Sambungnya, sampai Maret ini digalakkan menanam pohon, Menurutnya. upaya penghijauan dari pemerintah terhitung masih kecil. Ia berharap menanam pohon bisa menjadi tradisi.

“Kita tradisikan, kalau bisa ada anak lahir, meminta surat keterangan, suruh tanam. Ada yang menikah, suruh tanam, ada yang lulus sekolah, naik pangkat, suruh tanam. Lha yang mau kawin lagi, suruh tanam 2 hektare,” ungkapnya.

Dalam aksi penanaman pohon tersebut, disiapkan sebanyak 3.000 bibit pohon berbagai jenis seperti ringin, aren, beringin dan gayam. Selain diikuti berbagai komunitas dan para relawan. Wakil Bupati, Rober Christanto, Kapolres Karanganyar, AKBP Leganek Mawardi dan Dandim 0727 Karanganyar, Letkol Inf Andi Amin Latama turut hadir meramaikan aksi penanaman pohon.

Wabup Karanganyar, Rober Christanto mengungkapkan, penanaman pohon ini bentuk kepedulian terhadap alam. Pihaknya juga turut mensosialisasikan gerakan menanam pohon tidak hanya di sekitar lereng Gunung Lawu saja tapi di seluruh wilayah Karanganyar.

“Kita sosialisasikan kepada masyarakat, tidak hanya di sini tapi di seluruh Karanganyar. Wilayah lereng Gunung Lawu ini harus tetap kita jaga,” pungkasnya.

Masih dalam kunjungannya di Kabupaten Karanganyar, Gubernur Ganjar juga meresmikan Museum Atsiri yang baru saja selesai tahap pembangunannya dan sudah bisa dikunjungi wisatawan.

Museum atsiri menjadi jadi salah satu wahana dalam Edukreasi Rumah Atsiri di Kecamatan Tawangmangu Karanganyar ini menyajikan sejarah mulai dari berdirinya Rumah Atsiri hingga proses pembuatannya.

Ganjar berharap masyarakat mau untuk berkunjung ke Edukreasi Rumah Atsiri ini, karena selain bisa membuat rileks dengan suasana yang syahdu, masyarakat juga pastinya akan mendapat ilmu pengetahuan tentang minyak atsiri. (Ard/Tgr)