Bagian Pemerintahan

TUGAS DAN FUNGSI

Kepala Bagian Pemerintahan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan Daerah, pengoordinasian perumusan kebijakan Daerah, pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah, pelaksanaan pembinaan administrasi di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama dan otonomi Daerah.

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Bagian Pemerintahan mempunyai fungsi :

  1. penyiapan bahan pengoordinasian perumusan kebijakan Daerah di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama dan otonomi Daerah;
  2. penyiapan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama dan otonomi Daerah;
  3. penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama dan otonomi Daerah;
  4.  penyiapan bahan pelaksanaan pembinaan administrasi di bidang administrasi pemerintahan, administrasi kewilayahan dan kerja sama dan otonomi Daerah; dan
  5. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat yang berkaitan dengan tugasnya.

Sub Bagian Administrasi Pemerintahan mempunyai tugas :

  • menyiapkan bahan pelaksanaan kebijakan Daerah bidang administrasi Pemerintah;
  • menyiapkan bahan perumusan kebijakan Daerah dibidang administrasi pemerintahan;
  • menyiapkan bahan pengoordinasian pelaksanaan tugas di bidang kependudukan dan pencatatan sipil, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat; dan
  • menyiapkan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah bidang administrasi pemerintahan.

Sub Bagian Administrasi Kewilayahan dan Kerja Sama mempunyai tugas :

  • melaksanakan fasilitasi dan koordinasi pembentukan, penghapusan, penggabungan dan pemekaran wilayah kecamatan dan/atau kelurahan;
  • melaksanakan koordinasi penegasan batas Daerah, kecamatan, kelurahan, serta nama lain dan/atau pemindahan ibukota kecamatan;
  • melaksanakan fasilitasi toponimi dan pemetaan wilayah;
  • menyiapkan bahan penetapan kode dan data kewilayahan;
  • menyusun bahan kebijakan pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat;
  • menyusun bahan kebijakan pengelolaan dana kelurahan;
  • menyiapkan bahan pelaksanaan perumusan kebijakan di bidang kerja sama dalam negeri
  • melaksanakan pengolahan data kerja sama Daerah dalam negeri;
  • melaksanakan pengendalian dan perumusan data hasil kerja sama Daerah dalam negeri;
  • melaksanakan fasilitasi forum dan asosiasi Pemerintah Daerah;
  • melaksanaan pembinaan dan pengawasan kerja sama Daerah dalam negeri yang dilakukan oleh Perangka Daerah di lingkungan pemerintah kabupaten/kota; dan
  • melaksanaan penyusunan laporan hasil pelaksanaan kerja sama Daerah dalam negeridan
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah bidang administrasi kewilayahan.

Sub Bagian Otonomi Daerah mempunyai tugas :

  • menyusun bahan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah/ LPPD, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati/ LKPJ, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Akhir Masa Jabatan/ LKPJ AM J, Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah/ EKPPD, Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah/ ILPPD, Laporan Pelaksanaan Tugas/ LPT;
  • melaksanakan fasilitasi penyusunan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Organisasi Perangkat Daerah;
  • melaksanakan fasilitasi dan koordinasi proses pengusulan, pengangkatan dan pemberhentian Bupati dan Wakil Bupati;
  • memfasilitasi pengusulan Izin dan Cuti Bupati dan Wakil Bupati;
  • menyusun bahan Laporan Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati;
  • melaksanakan fasilitasi dan koordinasi persiapan dan pelaksanaan Pemilihan Umum;
  • melaksanakan fasilitasi dan koordinasi proses administrasi pergantian antar waktu pimpinan dan legislatif;
  • melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah bidang otonomi Daerah;
  • melaksanakan pengolahan data kerja sama Daerah dalam negeri;
  • melaksanakan pengendalian dan perumusan data hasil kerja sama Daerah dalam negeri;
  • melaksanakan fasilitasi forum dan asosiasi Pemerintah Daerah;
  • melaksanaan pembinaan dan pengawasan kerja sama Daerah dalam negeri yang dilakukan oleh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah; dan
  • melaksanaan penyusunan laporan hasil pelaksanaan kerja sama Daerah dalam negeri.

Alamat

Bagian Pemerintahan Setda
Alamat Komplek Perkantoran Cangakan, Jl. Lawu Karanganyar, Kodepos 57712
No Telp 0271-495039 ext.112
Fax 0271-495590
E-mail pemerintahan@karanganyarkab.go.id
Website

Daftar Pejabat

No Jabatan Nama
1 Kepala Bagian Pemerintahan -
2 Kepala Sub Bagian Bina Pemerintahan -
3 Kepala Sub Bagian Kerjasama -
4 Kepala Sub Bagian Administrasi Otonomi Daerah -