Komisi A DPRD Kabupaten Jombang Ngangsu Kawruh Ke Karanganyar

Diskominfo
Foto bersama Anggota Dewan Kab. Jombang dengan Sekretaris Dewan dan perwakilan OPD Kab. Karanganyar.

Karanganyar-Komisi A DPRD Kabupaten Jombang adakan kunjungan kerja ke Karanganyar pada Rabu (15/01/20), guna memperoleh informasi terkait dengan menjamurnya toko modern dan pembangunan menara telekomunikasi.

Karena, kedua hal tersebut dirasa menjadi tantangan luar biasa dan hampir semua daerah mengalami masalah ini. Jika dilihat dari peraturan menteri perdagangan yang tidak membatasi keberadaan investor yang masuk guna peningkatan ekonomi masyarakat, maka hal ini dapat berdampak pada keberadaan toko kelontong dan warung-warung kecil.

Artinya, jika keberadaan toko atau pasar modern dibiarkan tumbuh maka akan mematikan usaha pasar tradisional dan warung kelontong/warung kecil.

Permasalahan terkait keberadaan menara komunikasi juga turut dipertanyakan, karena tanpa adanya batasan akan menjadikan suatu wilayah menjadi hutan menara.

Para pengusaha yang mengabaikan kaidah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku misalnya belum mengantongi ijin tapi sudah mendirikan menara turut menjadi topik pembahasan pada kunjungan kerja pagi hari ini.

Disampaikan pula, sebenarnya Kabupaten Jombang sudah punya perda yang mengatur kedua hal diatas, namun pihaknya merasa masih perlu mengadopsi informasi terkait upaya pengendalian keberadaan toko modern serta menara telekomunikasi guna kemajuan Kabupaten Jombang yang lebih baik. ( An/In )