Bupati Karanganyar Hadiri Festival Lir Ilir di Taman Budaya Hutan Lemah Putih

Muhammad Fauzi mendeskirpsikan karyanya dihadapan Bupati Karanganyar, Juliyatmono di Taman Hutan Lemah Putih (10/01)

Karanganyar, 10 Januari 2020

Walaupun diguyur hujan, namun Festival Lir Ilir tetap berlangsung. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat Malam (10/01) di Taman Budaya Lemah Putih, Kecamatan Gondangrejo. Kegiatan ini bertujuan untuk menyuarakan gagasan dan kritik sosial serta kebebasan dalam berekspresi.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan puisi dengan bahasa isyarat oleh salah satu mahasiswa difabel dari Institut Seni Surakarta (ISI) yang menceritakan tentang suara hati kaum minoritas yang sering terpinggirkan dan tidak pernah dilihat oleh masyarakat. Padahal, sesama manusia di depan Tuhan semaua makhluk itu sama. Galih Naga Seno, M.Sn selaku CEO Taman Hutan Lemah Putih turut membuka acara dan menyambut para hadirin yang hadir.

Kegiatan ini sebagai bentuk pengingat manusia terhadap Tuhan. Selain itu, sajian seni juga merupakan gambaran harmonisasi antara manusia dengan Tuhan, alam bahkan hewan.

Bupati Karanganyar memberikan sambutan dalam Festival Lir Ilir

Dalam sambutannya, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengharapkan semoga di Taman Budaya Lemah Putih ini bisa didengar oleh banyak pihak dan semakin banyak yang mengenal tempat ini. Selain itu, Bupati Karanganyar juga berpesan supaya sesama manusia untuk saling mengangkat harkat dan martabat kita semua.

Dalam festival ini, salah seorang mahasiswa S3, Muhammad Fauzi turut menggelar pameran seni fotografi. Karyanya mampu menggambarkan sebuah protes sosial yang kerap terjadi di masyarakat.

Bupati Karanganyar berbincang dengan Prof. Dr. Dharsono, M.Sn

Bupati Karangayar juga menyampaikan bahwa pemkab sudah membangun gedung teater yang akan dinamai Gedung Bhineka Tunggal Ika. Gedung ini sudah dibangun berlokasi di belakang Gedung Wanita Karanganyar. Salah satu tujuan dibangunnya Gedung Teater supaya masyarakat bisa memiliki tempat untuk berekspresi dan menyampaikan suaranya.

Demikian Diskominfo (tgr/ard)