422 ASN Dilantik Bupati Karanganyar

Karanganyar – 06 Januari 2020

Bupati Karanganyar, Juliyatmono telah melantik 422 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkab Karanganyar, Senin (6/1/2020). Namun ada tujuh jabatan kepala dinas yang masih kosong akibat rotasi dan mutasi pejabat tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Senin (6/1/2020), jabatan kepala dinas yang masih kosong ialah Kepala DLH, Kepala DP3AKB, Kepala Disdagnakerkop dan UKM. Lalu Kepala Satpol PP, Sekretaris DPRD, dan Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Karanganyar.

Orang nomor satu di Kabupaten Karanganyar itu mengatakan, akibat adanya rotasi dan mutasi terdapat tujuh jabatan Eselon IIB yang masih kosong. Terkait kekosongan itu, lanjut Juliyatmono, akan segera menindaklanjuti dengan berkirim surat kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Bisa saja melakukan langkah memutasi mereka yang perlu disegarkan.”

“Kalau dinyatakan kosong, kami minta izin lagi ke KASN untuk mengisi.”

“Proses mengisinya dibentuk panitia seleksi (Pansel).”

“Ada unsur akademisi, tokoh masyarakat dan pemerintah. Baru seleksi melalui tes uji kompetesi dan hasilnya diberikan kepada pemerintah,” kata Juliyatmono.

Sambungnya, sedangkan untuk pengisian jabatan Sekretaris DPRD ada sedikit perbedaan. Beberapa calon yang telah memenuhi persyaratan harus meminta persetujuan dengan pimpinan DPRD, sebelum menetapkan satu calon.

“Tidak terlalu lama, segera kami tindak lanjuti. Selasa (7/1/2020) ini akan kami layangkan ke KASN.”

“Kami perkirakan tidak sampai dua bulan, ketujuh posisi yang masih kosong tersebut sudah terisi,” ujarnya.

Sebelumnya, mutasi dan rotasi jabatan di Lingkungan Pemkab Karanganyar dilakukan, Senin (6/1/2020). Jika dirinci, ASN yang dimutasi sebanyak 221 orang lalu yang dirotasi ada 201 orang. Mereka berasal dari golongan Eselon IIB, eselon IIIA, eselon IIIA, eselon IVA, dan eselon IVB.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dipimpin langsung Bupati Karanganyar, Juliyatmono di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Senin (6/1/2020).

Orang nomor satu di Lingkungan Pemkab Karanganyar itu mengatakan, pada awal tahun ini, Pemkab fokus menurunkan angka kemiskinan serendah-rendahnya.

Nyuwun tulung memberikan yang terbaik bagi Karanganyar.”

“Mutasi dan promosi itu biasa, yang luar biasa itu memberikan nilai lebih di luar tugas dan fungsinya.”

“Secara administratif tidak ada yang dirugikan sama sekali. Maka, nyuwun tulung dipahami dengan berpikir positif,” kata Juliyatmono.

Ia berpesan, bagi pejabat lama supaya segera menyelesaikan pertanggungjawaban sebaik-baiknya. Ada beberapa kepala dinas di Pemkab Karanganyar yang mengalami rotasi.

Berikut ini data pergeseran pejabat di Pemkab Karanganyar.

 – Supramnaryo yang sebelumnya menjabat Kepala Dispertan Kabupaten Karanganyar menempati posisi baru sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Setda Kabupaten Karanganyar.

– Kepala BKPSDM Kabupaten Karanganyar, Siswanto sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Kemasyarakatan dan SDM Setda Kabupaten Karanganyar.

– Kepala DPMPTSP Kabupaten Karanganyar, Nunung Susanto sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Karanganyar.

– Kepala Inspektorat Kabupaten Karanganyar, Sucahyo sebagai Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Karanganyar.

– Kepala DP3AKB Kabupaten Karanganyar, Any Indrihastuti Kepala Disdukcapil Kabupaten Karanganyar.

– Sekretaris DPRD Kabupaten Karanganyar, Sujarno sebagai Kepala Diskominfo Kabupaten Karanganyar.

– Kepala Disdagnakerkop dan UMK Kabupaten Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki sebagai Kepala Dinsos Kabupaten Karanganyar.

– Kepala Disdukcapil Kabupaten Karanganyar, Suprapto sebagai Kepala BKPSDM Kabupaten Karanganyar.

– Kepala Satpol PP Kabupaten Karanganyar, Kurniadi Maulato sebagai Kepala BKD Kabupaten Karanganyar.

– Kepala Dinsos Kabupaten Karanganyar, Agus Heri Bindarto sebagai Kepala Dispermasdes Kabupaten Karanganyar.

– Asisten Perekonomian Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Karanganyar, Siti Masisyaroch sebagai Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Karanganyar.

– Kepala Dispermasdes Kabupaten Karanganyar, Utomo Sidi Hidayat sebagai Kepala Inspektorat Kabupaten Karanganyar.(Ard/Tgr)