Fasilitas Transportasi Umum Bagi Pelajar Bumi Intan Pari

Fasilitas Transportasi Umum Bagi Pelajar Bumi Intan Pari
Oleh : Imroatun Sholikhah Dewi Sasmita
Pelajar SMA

 

Fasilitas umum adalah sarana dan prasarana yang disediakan pemerintah yang dapat digunakan untuk kepentingan bersama dalam melaksanakan kehidupan sehari-hari. Banyak sekali fasilitas-fasilitas dari pemerintah untuk masyarakat terutama masyarakat Karanganyar. Hampir seluruh fasilitas telah terpenuhi di Kota Karanganyar ini. Mulai dari jalan raya, halte, lampu penerang jalan, fly over, trotoar, dan lain-lain. Semua ini dapat kita jumpai dan kita nikmati dengan baik. Adanya fasilitas-fasilitas ini membuat para masyarakat dapat nyaman tinggal di daerahnya.

Dari berbagai fasilitas ini, masih ada beberapa fasilitas yang kurang diperhatikan. Terutama fasilitas transportasi umum. Saat ini, transportasi umum di Karanganyar dapat dinikmati oleh semua orang, terutama bus. Alat transportasi umum yang satu ini sering sekali digunakan oleh para pelajar, pegawai pabrik, maupun traveller. Mengingat banyaknya masyarakat Karanganyar yang bekerja dan bersekolah di kota ditambah para pengunjung, membuat transportasi umum terutama bus tidak dapat menampung dengan kapasitas banyak. Karena jalur bus di Karanganyar berbeda-beda dan waktu yang sangat terbatas.

Kebanyakan para pelajar menggunakan fasilitas berupa bus umum. Setiap hari para pelajar Karanganyar yang mencari ilmu di kota selalu menunggu bus untuk pulang ke rumahnya. Tidak semua pelajar sampai di rumah dengan cepat. Karena berbagai kendala para pelajar menaiki bus sangatlah banyak, diantaranya harus menunggu bus dengan waktu yang relatif lama, letak perindustrian di Karanganyar yang berada di sebelah barat, sedangkan letak sekolahan berada di timur yang mengakibatkan bus dinaiki oleh sebagian besar pabrik, dan karena kapasitas yang sangat banyak mengingat pulang anak sekolah hampir bersamaan dengan pulangnya para pegawai pabrik. Hal ini membuat waktu para pelajar sangat tersita diperjalanan.

Di era modern ini, para pemuda pemudi bangsa Indonesia sudah cerdas. Mereka mau untuk bersekolah dan menuntut ilmu dimana-mana demi cita-citanya. Keinginan untuk bersekolah dengan jarak yang cukup jauh dari rumah merupakan suatu kemauan dan tekad yang cukup besar.  Tak heran, banyak sekali para pelajar Karanganyar yang menuntut ilmu di wilayah perkotaan. Namun, melihat kendala diatas membuat kita prihatin dan kasihan akan dampak yang menimpa para pelajar khusunya di bumi Intan Pari ini.

Permasalahan diatas dapat diatasi dengan berbagai cara. Namun, penyelesaian ini  tidak dapat terlepas dari kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat. Menurut saya, hal tersebut dapat diatasi dengan cara penyediaan bus sekolah. Dimana pemerintah dapat menyediakan bus sekolah yang beroperasi khusus untuk anak sekolah dengan harga yang relatif murah atau sesuai kantong pelajar. Bus sekolah ini agar disediakan lebih banyak waktu yang cukup lama atau sampai malam, mengingat banyak sekali para pelajar dari pedesaan yang menuntut ilmu di kota. Bus sekolah ini disediakan dari pemerintah dan diletakkan di setiap sekolah. Walaupun sekarang ini, pendidikan Indonesia menggunakan sistem zonasi, hal itu dapat diatasi dengan cara melakukan koordinasi dengan wali murid tentang pengenalan fasilitas bus sekolah dan pendataan siswa yang akan menikmati fasilitas tersebut.

Adapun cara lain, kita dapat memanfaat angkutan umum dan bus umum yang sekarang ini. Pemanfaatan fasilitas ini dapat dinikmati oleh para pelajar, pegawai pabrik, dan traveller. Hanya saja, angkutan umum dan bus umum ini diperbanyak jumlahnya, diperpanjang waktunya, pegawai bus bertanggung jawab terhadap penumpang, tidak egois atau balapan mencari kemenangan, dan bus diperbaiki agar pengemudi tetap merasa aman dan nyaman. Cara ini merupakan cara yang paling efektif dengan pemanfaatan alat transportasi umum yang saat ini, hanya saja sistem dan fasilitas pada bus lebih diperbaiki.