MAINKAN #KARANGANYAR !

MAINKAN #KARANGANYAR !
Oleh : Sopiyatun
Pengiat di Digital Parenting Institut

 

Selain memberikan gelar prestasi, apalagi yang bisa mengharumkan kotamu ?

Secara naluriah setiap kita pasti ingin bermanfaat, tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga untuk orang lain. Dalam tataran yang lebih luas, kita ingin berkontribusi besar pada tanah kelahiran,  mengharumkan nama daerah. Namun semua sudah mafhum, mendulang prestasi agar mampu memberi kebanggaan  pada kota asal, sungguh bukan hal yang mudah. Tidak semua orang bisa menjadi atlit juara, hanya sedikit orang yang mampu  menyabet emas pada sebuah perhelatan bergengsi di tingkat regional, nasional bahkan internasional.

Dan kita termasuk yang mana? Agaknya kita terkategori ke dalam golongan orang-orang yang berjiwa biasa saja. Lantas adakah celah dimana kita bisa memberikan andil bagi kemasyhuran kota?

Heiii, ternyata ada ! Tak perlu menjalani profesi tertentu, ikut pelatihan nasional, berkompetisi di ajang kejuaraan atau sejenis pertandingan lainnya.  Mainkan jarimu !! Tak perlu modal besar apalagi sampai mengajukan kredit ke bank J. Cukup pegang HP berpulsa internet dan akun media sosial. Gampangkan? Sungguh, barang-barang demikian sudah menjadi kebutuhan sejuta umat, tidak sulit untuk mendapatkannya.

Mau jualan online? Apa dengan online shoping bisa menyumbangkan medali untuk Karanganyar? Bukan. Kamu cukup memainkan hastag atau tagar #karanganyar !. Bagaimana logikanya hastag bisa membawa harum Bumi Intanpari?.

Coba yuk buka Instagram kamu.   Cek #karanganyar, kamu akan temui beragam hastag seperti #karanganyarkece, #karanganyarhitz, #karanganyarhits, #karanganyarkita, #karanganyar_kece, #karanganyarku, #explorekaranganyar, #karanganyartentram, #karanganyarhitzz, #remajakaranganyar, #karanganyarkekinian, #wisatakaranganyar, dan seterusnya. Hastag-hastag tersebut memiliki pengikut atau follower ribuan. Hastag nama kota seperti #karanganyarhitz  begini berperan besar dalam membranding kota Karanganyar. Coba kita cek postingan-postingan instagram yang mencantumkan #karanganyar dengan anekaragam kata ikutannya, rata-rata adalah postingan tentang destinasi wisata, kuliner, event, selfi, wefie, olahraga, UKM, jualbeli, dan seterusnya. Sementara ini nuansa konten unggahan dengan #karanganyar masih bersifat positif. Dan semoga seterusnya.

Citra positif Karanganyar

Bagaimana citra Karanganyar di mata netizen baik lokal maupun nasional, bisa terlihat dari unggahan konten-konten yang menggunakan #karanganyar dan kata ikutannya. #Karanganyar, secara harfiah memang menunjuk pada lokus atau tempat, wilayah geografis, tetapi menilik dari konten postingan, #karanganyar, bisa jadi memberikan gambaran positif Karanganyar yang sejuk, hijau, kaya destinasi wisata alam, ramah, tentram, dan sifat positif lainnya. Sekali lagi bagaimana citra Karanganyar yang bagus di luar sana, ada salah satu faktornya, yakni dari unggahan konten  yang positif terkait Karanganyar dalam #karanganyar. Mari kita bayangkan, seperti apa jadinya wajah Karanganyar, jika #karanganyar diisi konten-konten pornografi, kekerasan, atau meme-meme kebencian dan sebagainya. Orang akan cenderung menilai buruk sebuah kota dari apa yang terlihat. Karenanya sebagai warga Karanganyar yang baik, maka kita semua memiliki tanggungjawab moral untuk menjaga nama baik Bumi Intanpari ini dengan mengedepankan etika dalam mengunggah konten di dunia maya, khususnya dalam #karanganyar.

Jangan dikira #karanganyar hanya sekedar embel-embel dalam postingan di instagram atau twitter. #karanganyar yang sering kita pakai akan sangat membantu orang/pengguna media sosial khususnya instagram untuk menemukan informasi terkait tempat wisata, agenda kegiatan atau event di Karanganyar. Ini berarti unggahan kita dengan hastag tersebut membantu pemerintah kabupaten dalam ikut mempromosikan pariwisata Kabupaten Karanganyar.  City branding memang bisa dilakukan melalui media apa saja, saluran komunikasi baik konvensional maupun media baru semacam media sosial. Begitu juga komunikasinya bisa kepada siapa saja, bersama siapa-siapa saja stakeholder yang terlibat. Namun peran netizen karanganyar dalam marketing digital –memasarkan pariwisata Karanganyar tidaklah kecil, apalagi jika kamu adalah seorang influencer. Nah, bersiaplah berbuatlah lebih besar untuk Karanganyar, dengan jarimu !. Mainkan #karanganyar…