LAUNCHING APLIKASI SEMARAK WEB VERSION

Foto Bersama Peserta dan Nara Sumber

Launching Aplikasi Sistem Online Pasar Rakyat Karanganyar (SEMARAK) Web Version dan “WORKSHOP  PASAR ONLINE UNTUK KEBANGKITAN EKONOMI MIKRO” dikemas melalui kegiatan Smart City Forum 2019 yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 27 November 2019, acara dilaksanakan di Pendhopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, dimana kegiatan Smart City Forum ini juga telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Acara ini didasarkan pada Kegiatan Fasilitasi dan Pengembangan Smart City pada Dinas Komunikasi dan Informatika Tahun Anggaran 2019, dengan menggandeng beberapa vendor sebagai sponsor.

Launching Aplikasi Sistem Online Pasar Rakyat Karanganyar (SEMARAK) Web Version dan “WORKSHOP PASAR ONLINE UNTUK KEBANGKITAN EKONOMI MIKRO” bertujuan untuk:

  1. Memberikan ruang baru bagi masyarakat Kabupaten Karanganyar untuk meningkatkan perekonomian, semangat kewirausahaan, dan kesejahteraan melalui pembangunan media pemasaran online.
  2. Mengenalkan kepada seluruh masyarakat Karanganyar tentang pembangunan Aplikasi Sistem Online Pasar Rakyat Karanganyar (SEMARAK) Web Version beserta pemanfaatannya untuk berwirausaha secara mandiri dan berjejaring dengan mengedepankan keunggulan lokalitas untuk dipasarkan secara Global.
  3. Meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap fasilitas layanan publik pemerintah demi menciptakan masyarakat melek teknologi untuk menuju Karanganyar yang lebih cerdas (Karanganyar Smart City).

Peserta Smart City Forum 2018 yang terdaftar berjumlah 200 orang terdiri dari:

  1. Komunitas usaha/ asosiasi/ kelompok berbasis minat
  2. Para Pendamping Desa, dan
  3. Unsur masyarakat (usahawan, UKM, petani, pelaku pariwisata, pemuda, pendidik, dosen, dan masyarakat pada umumnya)
  4. Perwakilan Seluruh OPD Kabupaten Karanganyar

Launching Aplikasi Sistem Online Pasar Rakyat Karanganyar (SEMARAK) Web Version dilaksanakan  oleh Bapak Asisten Pemerintahan SETDA Karanganyar ditandai dengan penayangan Video Bumper Launching SEMARAK Pasar Rakyat Karanganyar web version pada hari Rabu 27 November 2019.

Workshop dengan tema “PASAR ONLINE UNTUK KEBANGKITAN EKONOMI MIKRO” dengan menghadirkan nara sumber : 1. Alif Rachmawadi (programmer aplikasi semarak, tim arsitek bukalapak) dengan materi “Workshop Operasionalitas aplikasi SEMARAK” Versi Website” dilanjutkan diskusi publik “Menemukan Formula Kolaboratif Antar Pelaku Usaha”, 2. Wara Nugraha Yogya (Google Gapura Digital) dengan materi “Workshop Pe ngenalan SEO dan Website untuk usaha” dan “workshop implementasi SEO dan website untuk usaha” dilaksanakan dengan metode kuliah singkat, diskusi panel, serta pelatihan secara langsung pengelolaan aplikasi online.

Sebagaimana kita ketahui bahwa Era digital telah terbukti memudahkan masyarakat untuk menjual dan membeli produk-produk yang dinginkan. Ceruk Pasar tradisional dan jual beli konvensional telah banyak tergerus ke pasar online. Kisah sukses banyak pelaku toko online yang meraih jutaan rupiah per bulan membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti jejaknya.

Dengan dibangunnya Aplikasi Sistem Online Pasar Rakyat Karanganyar (SEMARAK) Web Version oleh Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika , Warga Karanganyar dapat mendaftar dan membuka toko online dengan aplikasi ini. Aplikasi ini difokuskan untuk menghubungkan antara penyedia dan calon pengguna namun tidak menyediakan rekening bank untuk bertransaksi bersama, karena ranah pemerintah adalah lebih pada peran pembinaan, pendampingan, dan fasilitasi publik. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Karanganyar menjadi pemerintah daerah pioneer dalam usaha digitalisasi pasar konvensional dan tradisional menjadi pasar online yang modern, mudah diakses secara global, realtime (seketika), bebas biaya, serta yang berbasis kepada kearifan potensi lokal.

Melalui aplikasi ini masyarakat dapat menawarkan berbagai macam barang: mulai dari hasil pertanian, peternakan, pakaian, bermacam perlengkapan, peralatan elektronik, handphone, sampai komputer. Masyarakat Juga dapat menawarkan bermacam jasa: dari fotografi, persewaan, bengkel, perawatan kecantikan, serta apapun yang sah, layak, dan laku untuk diperjual belikan. Aplikasi ini merupakan sebuah pengembangan aplikasi berkelanjutan. Beberapa fitur mungkin masih membutuhkan penambahan dan memerlukan pengembangan demi pelayanan publik yang lebih baik bagi masyarakat secara keseluruhan.

___…___