Upacara Pembukaan JUMPARA PMR Ke XII PMI Kabupaten Karanganyar

Bupati yang di dampingi Wakil Bupati Karanganyar Melakukan Tinjauan ke Stand-Stand

 

 

 

KARANGANYAR – Ribuan Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Mula, Madya dan Wira se-Kabupaten Karanganyar mengikuti Jumpa Bakti Gembira (Jumpara) PMR ke XII Palang Merah Indonesia (PMI) Karanganyar di Lapangan Tuban Kecamatan Gondangrejo Karanganyar, Kamis (17/10).

Kegiatan dalam meningkatkan jejaring antar organisasi PMR itu diikuti oleh 75 kontingen dari jenjang SD, SMP dan SMA yang ada di Karanganyar yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 17 Oktober sampai tanggal 19 Oktober 2019. Selama tiga hari para peserta akan mengikuti berbagai macam kegiatan seperti sarasehan Jumbara, kewirausahaan sosial, aksi cepat tepat, wahana kepalangmerahan dan lain-lain.

Ketua PMI Karanganyar, Timotius Suryadi menyampaikan, kegiatan ini untuk saling meningkatkan jejaring antar organisasi PMR se-Kabupaten Karanganyar. Juga saling meningkatkan keterampilan dan bekal kecakapan untuk membantu sesama. “Membantu sesama itu kan menggembirakan, dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap kemanusiaan dengan kesadaran, tulus dan ikhlas,” katanya.

Meskipun para peserta sudah dilatih di sekolah masing-masing, dengan kegiatan ini ditambahkan lagi. Timo menjelaskan, kegiatan Jumbara ini merupakan agenda yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali. Selain tingkat kabupaten, Jumbara juga diadakan di tingkat provinsi setiap dua tahun sekali. “Melalui kegiatan ini mengenalkan sejak dini tentang kepedulian terhadap sesama. Menerima perbedaan dalam kehidupan, jangan sampai terkotak-kotak oleh perbedaan. Bagaimana bersinergi bersama dengan semangat kemanusiaan,” ungkap Timo.

Sementara itu, Bupati Karanganyar, Juliyatmono berharap kepada para peserta supaya menggunakan kesempatan ini untuk memperluas jaringan pertemanan dan memperkuat solidaritas keluarga besar PMI. “Jumbara PMR merupakan ajang untuk berjumpa saling berbagi pengetahuan, keterampilan, sikap dan pengalaman serta menjalin persahabatan. Harapaannya akan terlahir relawan muda PMI yang memiliki wawasan luas dan berkarakter sehingga menjadi generasi emas yang pontesial,” terangnya. (in/an)