Dinkes Sidak Obat-obatan Ilegal dan Makanan Tak Layak Konsumsi

Tim gabungan sedang melakukan pengecekan terhadap obat-obatan

KARANGANYAR – 10 Oktober 2019

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar melakukan sidak ke sejumlah toko dan syawalan di bumi intapari. Sidak itu untuk menertibkan obat-obatan ilegal yang dijual oleh toko atau pun swalayan. Namun, sidak kali ini hanya pembinaan agar tidak menjual obat-obatan kecuali mempunyai izin dari pihak terkait.

                “Kami bersama satgas pemberantasan makanan dan obat ilegal dan ada dua team. Kami mendatangi pedagang-pedagang dan melakukan pembinaan,” papar Kabid Sumber Daya Kesehatan DKK Karanganyar, dr Ita Kusumawati M.Kes di sela-selak sidak.

                Dia menambahkan sifat dari sidak ini adalah pembinaan dengan cara mereka diberitatahu terlebih dahulu. Ke depan akan terus dilakukan pemantauan agar toko atau swalayan untuk tidak menjual obat-obatan ilegal. Pihaknya juga menemukan makanan yang kadaluwarsa dan makanan dalam kaleng yang kemasanya sudah rusak. “Obat memang sejarusnya dijual toko obat atau apotik. Jika toko biasa hendak menjual obat-obatan akan lebih baik izin terlebih dahulu,” tambahnya. (hr)