17 SMP Ikuti TUB

Salah Satu Peserta lomba TUB di Alun-alun Karanganyar, Rabu (9/10/2019)

Karanganyar, Rabu (09/10/2019)

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas Dikbud) Kabupaten Karanganyar mengadakan Lomba Tata Upacara Bendera (TUB) untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri Kabupaten Karanganyar Tahun 2019. Acara tersebut diikuti 17 kelompok dari perwakilan 17 Kecamatan .

Lomba yang dilaksanakan di Alun – alun Kabupaten Karanganyar , Rabu (09/10) di buka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas Dikbud) Karanganyar, Tarsa.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Dikbud Karanganyar mengatakan dengan diadakannya lomba ini  supaya dapat menumbuhkan jiwa patriotisme, kepemimpinan, dan kedisiplinan.

“Bagi yang terpilih sebagai peserta lomba ini bisa menjadi contoh dan motivasi di masing-masing sekolah, bagaimana TUB yang baik dan benar,” kata Tarsa.

Tarsa juga mengatakan lebih jauh lagi, dari lomba ini diharapkan meningkatkan jiwa cinta tanah air dan kebangsaan.

Lomba yang berlangsung dalam satu hari itu setiap kelompok terdiri dari 20 orang dan 1 (satu) guru pembina upacara.

Satu kelompok dibatasi waktu 25 menit, terdapat 11 unsur penilaian, dan dinilai tim juri dari Kodim 0727/Karanganyar dan pelatih Paskibraka.

“Jadi ini langsung pilihan dari masing-masing sekolah tanpa ada penjaringan sebelumnya,” kata Kasi Pembinaan Kesiswaan, Dinas Dikbud Karanganyar, Rohmijati Utami.

Bagi pemenang mendapat hadiah tropi dan uang pembinaan. Juara 1 Rp 3,5 juta, juara  2. Rp2,5 juta, juara 3. Rp. 1,5 juta.

Demikian Diskominfo (Jannah)