Utusan Dari Puro Mangkunegaran Jamasi Pusoko Kanjeng Kyai Pamot

Bupati Karanganyar H. Juliyatmno saat menyerahkan Pusoko Kanjeng Kyai Pamot kepada Tumenggung Lilik Priarso Tirtodiningrat utusan dari Pura Mangkunegaran Surakarta Hadiningrat untuk dijamasi, Jum’at(19/09/19).

Karanganyar – 19 September 2019

Jamasan Pusaka Kanjeng Kyai Pamot, pusaka gadhuan saking Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Mangkunegaran Kaping IV dari Surakarta Hadiningrat ingkang mapan ing Kabupaten Karanganyar. Tumenggung Lilik Priarso Tirtodiningrat utusan dari Pura Mangkunegaran Surakarta Hadiningrat menjadi pemimpin rombongan dari kraton, Jum’at(19/09/19).

Bambang Jatmiko Kepala BPBD Kab. Karanganyar mendapat titah langsung dari Bupati Karanganyar untuk memboyong Pusaka Kanjeng Kyai Pamot dari papan palereman di gedong pusaka, didampingi Muh. Indriyanto Kepala Baperlitbang dan Sugeng Raharto Kabag Administrasi Pembangunan untuk diserahkan langsung kepada Bupati Karanganyar H. Juliyatmono sebelum dijamasi(dimandikan).

Selanjutnya Pusaka Kanjeng Kyai Pamot yang telah dibawa Bupati diserahkan kepada Tumenggung Lilik Priarso Tirtodiningrat utusan dari Pura Mangkunegaran untuk dijamasi oleh para parogo ingkang kadhawuh hanjamasi.

Sementara itu, Bupati Karanganyar H. Juliyatmono dalam sambutannya sampaikan, Pusaka Kanjeng Kyai  Pamot berupa keris ini kalau ga dibersihkan ya bakal krepes teyengen, maka harus di bersihkan. Oleh karena pusaka ini peninggalan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati aryo dari Mangkunegaran , maka yang membersihkan juga dari abdi dalem Pura Mangkunegaran dari Surakarta Hadiningrat.

“ Agar Karanganyar tentrem ayem, maka pusaka ini harus dirawat dengan baik agar awet “, jelas Bupati.

Demikian Diskominfo(Ard/Tgr/Wk)