World Clean Up Day Karanganyar Ratusan Warga Gelar Aksi Pungut Sampah

Pengarahan Bupati Karanganyar Dalam Kegiatan World Clean Up Day di Tawangmangu

KARANGANYAR – Dalam rangka memperingati World Clean Up Day 2019, aksi pungut sampah dilakukan di sejumlah tempat di Kabupaten Karanganyar.

Ratusan peserta yang terdiri dari para komunitas peduli lingkungan, relawan, Persatuan Hotel Indonesia (PHI) Tawangmangu serta para pelajar mengikuti acara peringatan World Clean Up Day yang digelar di Sekerincing Tawangmangu Karanganyar, Sabtu (21/9).

Dalam kesempatan itu turut hadir Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, Sekda Karanganyar, Sutarno serta Kepala OPD di Karanganyar.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Srijawoto menyampaikan, kegiatan seperti ini sudah kedua kalinya dilaksanakan, tahun ini digelar di beberapa lokasi, seperti di Sekerincing Tawangmangu, Desa Wisata Sumber Bulu Pendem dan Gentungan Mojogedang.

“Di sini kita melakukan hal mulia, pungut sampah. Sekecil apapun yang kita perbuat untuk keindahan lingkungan yang baik serta kebahagiaan banyak pihak semoga menjadi amal jariah,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Ia mengajak para peserta untuk peduli terhadap kondisi lingkungan dimana pun berada. “Apabila mendapati sampah dimana saja, ambil dan perlakukan yang baik, dikelola yang baik. Apa yang kita lakukan ini hakikatnya untuk kemanusiaan dan hal yang lebih baik,” terangnya.

Selain itu Juliyatmono juga mengajak untuk peduli terhadap lingkungan mulai dari diri sendiri. Mengingat perilaku dalam menjaga lingkungan kembali atau tergantung kepada masing-masing.

Setelah mengikuti seremoni acara, para peserta menyebar ke beberapa lokasi untuk memungut sampah. (in/an)