Launching E-KIR SiBanter Uji Kendaraan Bermotor

KARANGANYAR – Bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional, Dinas Perhubungan Kabupaten Karanganyar resmikan kartu E-KIR uji kendaraan bermotor di Kantor Dinas Perhubungan Lalung, Karanganyar, Selasa (17/9).

Dalam laporan penyelenggaraan, Sundoro S.H, M.Si selaku Kepala Dishub PKP Karanganyar menyampaikan bahwa penggunaan kartu E-KIR ini untuk meningkatkan pelayanan agar menghindari pungli. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Karanganyar, Wakil Bupati Karanganyar, Forkompimda, tamu undangan dari instansi tekait yang punya kendaraan wajib uji, Organda, serta pengusaha Angkutan barang dan orang.

“Mulai hari ini, tanggal 17 September 2019 akan dilaksanakan pembayaran non tunai dengan bank Jateng dan mulai besok pendaftaran dapat dilakukan melalui online,” tuturnya.

Dalam sambutannya, Bupati Karanganyar menyampaikan bahwa dengan adanya E-KIR lebih ada kepastian dan tidak perlu antri karna pendaftaran dapat diakses lewat aplikasi android, selain itu pembayaran dapat dilakukan non tunai sehingga dapat menghindari pungli atau calo.

“Mari bersama berlalu lintas dengan baik dan nyaman. Terima kasih atas kerjasama yang baik, dan pemerintah akan melayani dengan sebaik-baiknya, ” tuturnya.

Beliau juga menyampaikan harus adanya tim pemandu atau pendamping untuk mendampingi masyarakat dalam mengakses aplikasi E-KIR. Dalam kesempatan ini Bupati Karanganyar memberikan nama aplikasi E-KIR dengan nama SiBanter ( Sistem Bantuan Non Tunai Kendaraan Bermotor).

Dalam kesempatan ini, Bupati Karanganyar bersama Wakil Bupati Karanganyar melakukan pengujian kendaraan bermotor perdana dengan E-KIR SiBanter.

Pendaftaran KIR online dapat di akses melalui ngekironline.com

Demikian DISKOMINFO (An/In/Mei).