Dies Natalis SMAN Mojogedang Kabupaten Karanganyar

Sambutan Agus Haryanto selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Karanganyar mewakili Bupati Karanganyar dalam acara Dies Natalis Ke-25 SMAN MOJOGEDANG, Rabu(18/9).

KARANGANYAR – Memperingati Hari Jadi ke-25 SMAN Mojogedang, pengurus OSIS sekolah tersebut menyelenggarakan tasyakuran mandiri bertajuk Karisma 2, Rabu (18/9). Berbagai event dipersembahkan untuk para siswa oleh pengurus OSIS-nya.

Wakil Kepala Kesiswaan SMAN Mojogedang, Dwi Wuryanti mengatakan kepanitiaan Dies Natalis ke-25 sekolahnya tanpa intervensi guru maupun manajemen sekolahnya. Menurutnya, para siswa melalui pengurus OSIS menabung untuk ongkos tasyakuran. Dalam kegiatan itu, kreativitas siswa dalam berkesenian maupun olahraga dipamerkan.

“Acaranya seremonial, pentas nasyid, juga ada hiburan Duo Cabi dan sebagainya. Pada penyelenggaraan dua tahun terakhir, lebih meriah. Itu karena anak-anak melalui OSIS yang merencana danyiapkan dan mengeksekusi. Bahkan menyiapkan sendiri panggung dan dekorasinya,” katanya.

Karisma merupakan singkatan dari Karya OSIS SMA. Di tahun kedua penyelenggaraannya setelah Karisma 1, panitia memberi kesempatan kearifan lokal untuk unjuk kebolehan. Seperti penampilan para siswa yang tergabung di Ikatan Pendekar Silat Indonesia (IPSI).

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Karanganyar, Agus Haryanto mengapresiasi peran aktif peserta didik dalam menyukseskan Dies Natalis.

“Ini upaya mengorganisasi. Bagian dari proses pendidikan. Mengeksporasi kemampuan diri,” katanya.

Kepala SMAN Mojogedang, Purwadi mengatakan peserta didiknya mendulang pengalaman berorganisasi melalui Dies Natalis. Ia juga menyebut berbagai prestasi ditunjukkan peserta didiknya. Terutama kenaikan jumlah lulusan yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Kami memiliki 907 peserta didik di 27 kelas. Mereka bisa menyisihkan waktu di ujian tengah semester untuk menyelenggarakan Dies Natalis yang seharusnya pada 26 Oktober,” katanya.

Demikian DISKOMINFO (An/In/Mei).