Rakor PBB Pedesaan dan Perkotaan Kabupaten Karanganyar

Tamu undangan dan peserta kegiatan Rapat Koordinasi PBB P2 Kabupaten Karanganyar di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (10/9).

KARANGANYAR – Rapat Koordinasi Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) diselenggarakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (10/9).

Dalam laporannya, Plt Kepala Bidang Keuangan Daerah Narimo, S.Sos,MM menyampaikan kegiatan ini dihadiri oleh 200 peserta dari OPD terkait, Camat, Kasi se Kecamatan Kabupaten Karanganyar, serta Lurah/ Kades se Kabupaten Karanganyar.

Maksud diselenggarakan kegiatan ini untuk mengkoordinasikan dengan petugas berkaitan dengan percepatan pembayaran pajak, evaluasi pencapaian target wilayah serta pemetaan permasalahan dilapangan dan solusinya.

Beliau juga menyampaikan adanya penurunan dari tahun 2018 ke 2019. Jumlah ketetapan tahun 2019 mencapai Rp. 28 Miliar 700 Juta lebih dan target APBD  25 Miliar, sedangkan realisasi per bulan agustus hanya Rp. 13 Miliar 900 Juta lebih.

“Dibanding tahun 2018, pada tahun 2019 ini ada penurunan dari 59 desa di 11 kecamatan menjadi  46 Desa di 10 Kecamatan. Kecamatan tersebut meliputi Jatipuro, Jatiyoso, Jenawi, Jumantono, Jumapolo, Kerjo, Matesih, Mojogedang, Ngargoyoso dan Tawangmangu,” ujarnya.

Adapun faktor penurunan, salah satunya dikarenakan sistem pembayaran yang kurang simple, sehingga masyarakat kurang pecaya dengan petugas pemungut.

Dalam sambutan dan pengarahannya, Bupati Karanganyar menyampaikan harus adanya kesadaran wajib pajak bagi masyarakat, karena PBB dari tahun ke tahun belum pernah mengalami kenaikan.

“Mestinya sudah diatas 50% dari target yang sudah ditetapkan, karena pajak terbuka itu sampai kapanpun akan dikejar terus,”tuturnya.

Beliau juga meminta kepada lurah dan kades untuk mengkoordinasikan kepada kadus agar ikut mengkoordinasikan dengan RT/RW berkaitan dengan PBB.

“Tolong kades dikondisikan dengan baik, serta untuk lurah mohon supaya pajak ditata dan ditertibkan dengan baik,” harapnya.

Demikian DISKOMINFO (An/In/Mei)